Wakil Presiden Jusuf Kalla menyebut masalah ketidakadilan menjadi pekerjaan rumah pemimpin RI di masa mendatang. Foto: MI/Ramdani.
Wakil Presiden Jusuf Kalla menyebut masalah ketidakadilan menjadi pekerjaan rumah pemimpin RI di masa mendatang. Foto: MI/Ramdani.

JK: Ketidakadilan Jadi 'PR' Pemimpin Mendatang

Pemilu pilpres 2019
Achmad Zulfikar Fazli • 17 Maret 2019 18:51
Bandung: Wakil Presiden Jusuf Kalla menyebut masalah ketidakadilan menjadi pekerjaan rumah pemimpin RI di masa mendatang. Masalah tersebut bisa menjadi sumber konflik di Indonesia.
 
"Selama 73 tahun Indonesia merdeka, setidak-tidaknya ada 15 konflik besar, termasuk di Jawa Barat. Hampir semua konflik akibat ketidakadilan dirasakan oleh masyarakat," kata JK dalam sambutannya pada acara silaturahmi kebangsaan Jenggala Center di Hotel Horison, Bandung, Jawa Barat, Minggu, 17 Maret 2019.
 
Menurut JK, ketidakadilan tersebut dirasakan antarmasyarakat di daerah. Karena itu, dia berharap Indonesia ke depan dipimpin oleh orang yang bisa mengatasi masalah tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Karena itulah pada masa kini dan masa datang dibutuhkan suatu kepemimpinan yang baik untuk menjaga keadilan dan kemajuan hidup," kata JK.
 
Sementara itu, JK menyebut capaian pertumbuhan ekonomi Indonesia pada 2018 sebesar 5,1 persen cukup baik di kawasan Asia Tenggara. Namun, angka pertumbuhan itu akan sia-sia bila semua pihak tidak saling bahu-membahu untuk mengatasi kesenjangan sosial di masyarakat.
 
Menurut dia, perlu adanya kekompakan dari semua pihak untuk menyelesaikan masalah ini. Sehingga, lanjut dia, tujuan pemerintah dalam menciptakan kemakmuran yang adil bagi seluruh rakyat Indonesia tercapai.
 
JK pun menyoroti perdebatan yang selama ini muncul di publik, seperti masalah pangan, gula, dan garam. Padahal, masalah itu yang seharusnya dapat segera diselesaikan untuk mengakhiri ketidakadilan ini.
 
"Saya juga bertanggung jawab akan hal tersebut. Namun perlu menjadi perhatian kita semuanya," pungkas dia.
 

(HUS)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif