Calon wakil presiden nomor urut 01 Ma'ruf Amin. Foto: Medcom.id/M Sholahadhin Azhar.
Calon wakil presiden nomor urut 01 Ma'ruf Amin. Foto: Medcom.id/M Sholahadhin Azhar.

Ma'ruf: KPU tak Mungkin Berpihak

Pemilu kpu pilpres 2019
M Sholahadhin Azhar • 09 Januari 2019 01:29
Jakarta: Calon wakil presiden nomor urut 01 Ma'ruf Amin menjawab keraguan kompetitor soal kinerja Komisi Pemilihan Umum (KPU). Menurutnya, penyelenggara pemilu sejauh ini berlaku netral.
 
"Enggak mungkin lah, KPU enggak mungkin lah memihak," kata Ma'ruf di Jalan Cirebon, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa, 8 Januari 2019.
 
Keberpihakan tak dirasakan Ma'ruf, sebab keputusan KPU juga mengakomodasi kepentingan dua pasangan calon. Misalnya soal kisi-kisi pertanyaan debat. Hal itu merupakan kesepatan kedua belah pihak.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pihaknya menerima keputusan itu, tanpa syarat. Ma'ruf sendiri berpikir lebih baik mempersiapkan debat daripada mencurigai KPU. Ia akan mempersiapkan materi bersama pakar, sebelum kisi-kisi pertanyaan dikirimkan.
 
"Ada beberapa yang akan dipersiapkan, tentu nanti akan dikembangkan lagi," katanya.
 
Ada pelatihan dan pengayaan dari tim untuk Ma'ruf, terkait debat. Sebab tema yang diusung sudah jelas, sehingga tak mungkin melenceng dari koridor yang ditetapkan. Ma'ruf juga memaparkan ada banyak pakar yang ikut merumuskan materi, meski tak merinci siapa saja pakar tersebut.
 
"Ada pakar. Kita mempersiapkan diri saja, di bidang hukum, Hak Asasi Manusia (HAM), korupsi, maupun terorisme. Nanti yang berikutnya nanti ada," pungkas Ma'ruf.
 
Beberapa keraguan dari kubu pasangan calon nomor urut 02 terhadap independensi KPU mencuat beberapa hari terakhir. Misalnya mengenai batalnya penyampaian visi misi pada 9 Januari 2019.
 
Meski menghormati keputusan itu, penyesalan kubu Prabowo-Sandi terus digulirkan di media massa.Buntutnya, Prabowo-Sandi tetap akan menyampaikan visi-misi meski tak difasilitasi KPU.
 

(HUS)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif