Ilustrasi. Foto: Antara/Prasetia Fauzan
Ilustrasi. Foto: Antara/Prasetia Fauzan

Komitmen Capres pada Konsensus Kebangsaan Dipertanyakan

Pemilu pilpres 2019 Jokowi-Ma`ruf Prabowo-Sandi
03 Januari 2019 12:51
Jakarta: Komitmen calon presiden dan wakil presiden peserta Pemilihan Presiden 2019 dipertanyakan. Selama masa kampanye, dua pasang calon peserta pilpres disebut belum menyatakan komitmennya untuk bersungguh-sungguh menjaga Pancasila, NKRI, UUD 1945, dan Bhinneka Tunggal Ika.
 
"Amat disayangkan di tengah perhelatan pemilu ini wacana kebangsaan tidak muncul dalam perdebatan. Padahal, kita punya persoalan besar dengan kesepakatan kebangsaan ini. Butuh komitmen serius dari pemimpin kita, terutama dari capres dan cawapres," kata Ketua Umum Vox Point Indonesia, Yohanes Handoyo Budhisejati, melalui keterangan tertulis, Kamis, 3 Januari 2019.
 
Komitmen tersebut, kata dia, perlu karena politik identitas masih menjadi alat jitu untuk berkampanye. Adu domba antarkelompok di masyarakat juga masif dilakukan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Belum lagi agenda-agenda lain seperti NKRI Bersyariah yang tentu saja tidak sesuai dengan dengan semangat kebangsaan kita yang berdasarkan Pancasila," kata Handoyo.
 
Untuk itu, pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno harus berkomitmen untuk menjaga dasar-dasar kebangsaan. Menurutnya, masyarakat juga harus tetap kritis dengan narasi yang dibangun oleh kedua kubu agar tidak mudah termakan isu-isu yang dimainkan.
 
"Agar pesta demokrasi kita dapat berjalan aman dan damai, sehingga konsolidasi demokrasi kita pun menjadi lebih matang," ujarnya.
 

 

(UWA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif