Bawaslu Jateng Temukan Nama KTP Satu Huruf
Nama aneh di e-KTP yang ditemukan Bawaslu Jateng. Foto: Dok Bawaslu Jateng
Semarang:Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jawa Tengah terus verifikasi Daftar Pemilih Tetap (DPT). Bawaslu menemukan pemilih yang memiliki nama aneh dengan satu huruf dan dua huruf.

Koordinator Divisi Humas dan Hubungan antar Lembaga, Bawaslu Jateng, Rofiuddin mengungkapkan, dalam identitas kartu tanda penduduk elektronik yang diverifikasi, tertera nama K, N dan IN.


"Kita temukan nama pemilih valid dan anomali. Adapun nama-nama seorang perempuan bernama N asal Wonogiri, seorang laki-laki yang juga bernama N dari Jepara, dan IN perempuan asal Kabupaten Semarang," ungkapnya di Semarang, Selasa, 23 Oktober 2018.

Bawaslu yang merasa curiga langsung verifikasi DPT di daerah-daerah tersebut. Namun, ia menyatakan ketiga nama pemilih itu sudah masuk dalam Daftar Pemilih Tetap Pemilu 2019.

"Saat ditelisik ke rumah masing-masing. Ternyata nama-nama tersebut sudah sesuai dengan identitas pemiliknya. Hanya terdiri satu huruf dan dua huruf," terangnya.

Bawaslu Jateng  juga mendapati data pemilih untuk Pemilu 2019 dengan status jenis kelamin yang berbeda dengan yang tertera di KTP-el. Ia menyatakan  terdapat kesalahan saat pengetikan data KTP-el.

"Di KTP tertulis Sukini berjenis kelamin laki-laki. Tapi,ternyata perempuan, fotonya saja perempuan,” bebernya.

Ia berharap verifikasi data DPT bisa mendapatkan validitas data pemilih dan mengantisipasi adanya kecurangan atau penggandaan data.


 



(SUR)

metro tv
  • OpsiOpsi
  • kick andyKick Andy
  • economic challengesEconomic Challenges
  • 360360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id