Kota Semarang. Tugu Muda dan Lawang Sewu Semarang, Jawa Tengah. (MI/Adam Dwi)
Kota Semarang. Tugu Muda dan Lawang Sewu Semarang, Jawa Tengah. (MI/Adam Dwi)

Rusuh di DKI Tak Bakal Merembet ke Semarang

Pemilu Demo Massa Penolak Pemilu
Mustholih • 22 Mei 2019 16:42
Semarang: Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi menyakini kerusuhan di Ibu Kota yang menolak hasil pemilu dijamin tak merembet ke Semarang, Jawa Tengah. Segala aktivitas di Kota Semarang berjalan normal, warga Semarang tak terprovokasi aksi people power.
 
"Setelah penghitungan suara di Kota Semarang berjalan baik, aktivitas masyarakat berjalan baik. Ada yang bekerja dan menjalankan aktivitas sosial kemasyarakatan. Kita selalu berkomitmen menjaga Kota Semarang selalu kondusif," kata Hendrar di Semarang, Rabu, 22 Mei 2019.
 
Hendrar menyatakan Kota Semarang bakal tetap menjaga kondusivitas. Dia menekankan Semarang merupakan kota sejuk dan aman. "Karena kita cinta sama NKRI."

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Hendrar menduga kerusuhan di Jakarta akibat ulah oknum yang menginginkan perpecahan di Tanah Air. Dia berharap jangan lagi ada warga terprovokasi.
 
"Dan kita tidak ingin negara ini tercabik-cabik oleh oknum-oknum yang terus menerus melempar isu yang tidak mendukung persatuan dan kesatuan," tegasnya.
 
Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto mengaku telah mengetahui dalang kerusuhan yang terjadi di sejumlah wilayah di Jakarta. Pemerintah akan menindak tegas dalang kerusuhan tersebut.
 
"Sebenarnya kita sudah mengetahui dalang aksi tersebut. Aparat keamanan akan bertindak tegas," kata Wiranto di Kemenko Polhukam, Jalan Medan Merdeka Barat 15, Jakarta Pusat, Rabu, 22 Mei 2019.
 
Wiranto masih merahasiakan identitas dalang kerusuhan itu. Namun, berdasarkan rangkaian aksi hingga timbul kerusuhan, pemerintah melihat ada kesengajaan membuat kegaduhan secara nasional.
 
Kerusuhan sempat pecah di kawasan Sarinah, Tanah Abang, hingga Petamburan, Jakarta. Massa melemparkan batu ke arah petugas kepolisian hingga membakar ban. Asrama Brimob di kawasan Petamburan pun jadi sasaran pedemo.
 

(LDS)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif