Warga melintas di dekat gambar mural capres Joko Widodo dan Prabowo Subianto di Jalan Juanda, Depok, Jawa Barat. Foto: MI/Bary Fathahilah.
Warga melintas di dekat gambar mural capres Joko Widodo dan Prabowo Subianto di Jalan Juanda, Depok, Jawa Barat. Foto: MI/Bary Fathahilah.

Survei: Elektabilitas Prabowo Tertinggal 20 Persen

Pemilu pilpres 2019 Jokowi-Ma`ruf Prabowo-Sandi
Candra Yuri Nuralam • 14 Januari 2019 14:18
Jakarta: Elektabilitas pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno di Pilpres 2019 tertinggal 20 persen dibandingkan duet Joko Widodo-Ma'ruf Amin. Hal ini ditunjukkan dalam penelitian lembaga survei Y-Publica.

Y-Publica melaporkan Jokowi-Ma’ruf didukung 53,5 persen responden, sedangkan Prabowo-Sandiaga hanya 31,9 persen. Dari Agustus 2018, elektabilitas Jokowi-Ma’ruf stabil di angka 53-54 persen. 

"Berbanding terbalik, Prabowo-Sandiaga cenderung naik tipis dari angka 28 persen ke 31 persen. Sementara, swing voters cenderung di angka 14 persen,” kata Direktur Eksekutif Y-Publica Rudi Hartono di Menteng, Jakarta Pusat, Senin, 14 Januari 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



Menurut dia, kubu Jokowi-Ma'ruf lebih mendapatkan dukungan dari kaum perempuan dibanding Prabowo-Sandi. Elektabilitas kubu pertahana unggul hampir 25 persen di mata kaum Hawa. "Sebanyak 50,7 persen responden menganggap pasangan Jokow-Ma’ruf paling peduli dengan hak-hak perempuan. Hanya 30,2 persen yang menganggap Prabowo-Sandiaga yang peduli dengan hak-hak perempuan,” ujar Rudi.

Baca: Survei: Jokowi tak Terkalahkan

Kedua pasangan memang mempunyai narasi untuk menggaet kaum perempuan. Namun, hanya 47,6 persen responden yang pernah mendengar narasi-narasi itu. Sebaliknya, 52,4 persen mengaku belum mengetahui. 

“Masalahnya lagi, 60,7 persen responden yang pernah mendengar atau mengetahui narasi itu merasa aspirasinya tidak terwakili oleh narasi tersebut," jelan Rudi.

Survei Y Publica dilakukan pada 26 Desember 2018 hingga 8 Januari 2019. Mereka mewawancarai 1.200 responden yang dipilih menggunakan metode acak bertingkat. Margin of error dalam survei ini adalah 2,98 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen. 




(OGI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi