Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh saat menghadiri konsolidasi kader dan caleg Partai NasDem Sumatera Barat, di Kota Padang, Minggu, 20 Januari 2019. Foto: Faisal Abdalla/Medcom.id
Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh saat menghadiri konsolidasi kader dan caleg Partai NasDem Sumatera Barat, di Kota Padang, Minggu, 20 Januari 2019. Foto: Faisal Abdalla/Medcom.id

Surya Paloh: Tren NasDem Positif

Pemilu partai nasdem pemilu serentak 2019
Faisal Abdalla • 21 Januari 2019 00:58
Padang: Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh menyambut positif hasil survei Charta Politika. Hasil survei itu menempatkan NasDem di posisi ke-5 dengan perolehan suara mencapai 5 %.
 
"Saya pikir itu tren positif. Kita kan lihat dari survei pertama, kedua, ketiga, dan keempat, jadi kalau tren positif itu naik terus," kata Surya Paloh usai menghadiri konsolidasi kader dan caleg Partai NasDem Sumatera Barat, di Kota Padang, Minggu, 20 Januari 2019.
 
Surya Paloh menilai kenaikan elektabilitas itu karena NasDem mengusung caleg yang profesional dan representatif. Dia optimistis caleg yang disodorkan partainya sesuai dengan harapan masyarakat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kekuatan daripada caleg yang merepresentasikan partai ini Insyaallah luar biasa sekali dalam pemilu ini. Saya pengalaman dalam perjalanan mengikuti berbagai pemilu yang telah saya lalui. Paling tidak 50 tahun di partai politik," kata Surya Paloh.
 
Surya Paloh mengatakan NasDem telah mengukir sejumlah pencapaian, meski masih berusia tujuh tahun. Salah satunya menjadi partai yang menduduki peringkat pertama pada kontestasi pilkada serentak 2018.
 
Sebagai partai baru, NasDem memiliki delapan kepala daerah tingkat gubernur dan 198 kepala daerah tingkat kabupaten/kota. NasDem juga saat ini menduduki 36 kursi DPR RI.
 
Pada Pemilu 2019 ini, NasDem menargetkan tiga besar di Pileg 2019. Surya Paloh optimistis target itu tercapai melihat sejumlah keberhasilan yang telah diraih.
 
"Kita bersyukur posisi partai kita ini posisi yang baik. Bukan posisi yang prihatin. Ini berita gembira. Saya mau sejarah mencatat partai tujuh tahun ini jadi partai tiga besar," ujar Surya.
 
Charta Politika merilis hasil survei temuannya terkait elektabilitas partai politik peserta pemilu 2019 pada kurun waktu 22 Desember 2018-2 Januari 2019. Dari data tersebut, elektabilitas PDI Perjuangan tertinggi dengan 25,2 %. Disusul Gerindra 15,2%, Golkar 9%, PKB 8,1%, NasDem 5,3%. Sementara itu, Demokrat 4,5%, PPP 4,3%, dan PKS 4,2%.
 
Dari data tersebut tercatat adanya peningkatan elektabilitas NasDem jika dibandingkan periode April 2018. Dari 3,6 persen pada April 2018, menjadi 5,3 persen pada Desember 2018.
 

(AZF)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif