Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan, Wiranto. (Foto: MI/Susanto)
Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan, Wiranto. (Foto: MI/Susanto)

Wiranto Sebut Isu Perombakan Kabinet Lumrah

Pemilu pilpres 2019
M Sholahadhin Azhar • 29 April 2019 16:53
Jakarta: Wacana perombakan kabinet Presiden Joko Widodo mulai santer usai Pilpres 2019. Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan, Wiranto, meminta semua pihak menanti keputusan langsung dari Jokowi.
 
"Saya enggak dengar ya, tanya presiden yang tahu soal itu. Tapi akan banyak lagi simpang siur," ujar Wiranto di kantornya, Jakarta Pusat, Senin, 29 April 2019.
 
Menurutnya, isu perombakan kabinet sesuatu yang lumrah dan tak dapat dihindari. Wiranto mengaku enggan berspekulasi lebih jauh.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Perombakan kabinet tidak akan serampangan. Akan ada dasar kuat yang digunakan seperti penilaian kinerja dan capaian program selama periode pertama.
 
"Ya ditunggu saja nanti kan ada penjelasan Presiden tentang penilaian beliau, capaian apa yang sekarang, ke depan nanti membutuhkan satu tim yang seperti apa," tandas Wiranto.
 
Klik: Canda Elite TKN ke Jokowi: Siap Presiden!
 
Wacana perombakan kabinet mencuat usai calon presiden petahana Joko Widodo bertemu dengan elite Tim Kampanye Nasional (TKN) Koalisi Indonesia Kerja (KIK), kemarin malam. Namun Wakil Sekretaris TKN Jokowi-Ma'ruf Amin, Verry Surya menepis anggapan pertemuan itu membahas perombakan kabinet.
 
"Terkait dengan isu perombakan kabinet dan sebagainya, tidak dibahas. Kami tidak membahas soal itu," kata Verry saat dihubungi, Senin, 29 April 2019.
 
Menurut Verry, pertemuan banyak membahas soal proses pemilu yang sudah berlangsung. Pertemuan juga jadi ajang silaturahmi Jokowi dan tim sukses.
 
"Dan sama-sama fokus kepada menunggunggu hasil keputusan dan ketetapan KPU (Komisi Pemilihan Umum)," ujarnya.
 
Sebelumnya, Jokowi disinyalir membuka opsi merombak kabinet sebelim masa jabatannya habis pada 20 Oktober 2019. Hal itu terungkap dari wawancara khusus dengan Koran Tempo.
 
"Ya bisa saja seperti itu, bisa tidak," kata Jokowi.
 

(MEL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:25
  • SUBUH04:35
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif