Hidayat Nur Wahid (kiri)/MI/Mohamad Irfan
Hidayat Nur Wahid (kiri)/MI/Mohamad Irfan

HNW: Penguji Baca Alquran Capres Harus Berkualifikasi

Pemilu pilpres 2019 Jokowi-Ma`ruf Prabowo-Sandi
Whisnu Mardiansyah • 02 Januari 2019 14:23
Jakarta: Wakil Ketua Majelis Syuro Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Hidayat Nur Wahid menegaskan penguji baca Alquran capres cawapres harus bersertifikat khusus. Tak sembarang orang bisa menguji calon orang nomor satu di Indonesia.
 
"Yang melaksanakannya harus betul-betul berkualifikasi kelas presiden, mempunyai rujukan intelektual ijazah. Biar dia memang layak untuk menguji dalam hal baca Alquran," kata Hidayat di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu, 2 Januari 2018.
 
Baca: Kubu Prabowo: Tes Baca Alquran Tak Perlu

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Wakil Ketua Dewan Penasihat Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi itu menjelaskan penguji harus menguasai tata cara membaca Alquran. Membaca Alquran harus sesuai kaidah tajwid dan pelafalan.
 
"Jangan sampai yang menguji pun ternyata bacaan Alquran-nya belum tentu juga lulus," tegas wakil ketua MPR tersebut.
 
Penguji juga harus berani mengoreksi ketika pasangan capres cawapres tak memenuhi kualifikasi. Bila pun benar dilaksanakan, tes baca Alquran harus digelar terbuka.
 
"Sampaikan bagaimana hasilnya, siapa yang lulus dan siapa yang tidak lulus. Lulus semuanya atau tidak lulus semuanya, ya kita semua nanti akan melihatnya," beber dia.
 
Baca: Maruarar Sirait: Jokowi Siap Dites Baca Alquran
 
Dewan Ikatan Dai Aceh mengusulkan sekaligus mengundang pasangan capres-cawapres mengikuti tes baca Alquran. Tes diharapkan bisa menyudahi politik identitas yang marak belakangan ini.
 
Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Ilham Saputra menyatakan tes baca Alquran tidak akan memengaruhi syarat pencalonan kontestan Pilpres 2019. Hal itu tidak diatur dalam UU No 7 tahun 2017 tentang Pemilu.
 

(OJE)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif