JK: Pilih Pemimpin Baik, Bukan Keras
Wapres Jusuf Kalla saat membuka Muktamar ke XVII Pemuda Muhammadiyah dengan tema 'Tema Menggembirakan Dakwah Islam, Memajukan Indonesia' di Sportorium Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Senin, 26 November 2018. Medcom.id-Ahmad Mustaqim
Bantul:Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) mengajak publik untuk bisa cerdas memilih pemimpin pada Pilpres 2019. Ia menilai seluruh masyarakat harus menentukan sendiri calon pemimpinnya.  

"Sebagai bagian dari demokrasi, pilihlah pemimpin yang baik, bukan memilih (calon) pemimpin yang keras," kata JK dalam acara pembukaan Muktamar ke XVII Pemuda Muhammadiyah dengan tema 'Tema Menggembirakan Dakwah Islam, Memajukan Indonesia' di Sportorium Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Senin, 26 November 2018.


Ia sempat menyinggung posisi Ketua Umum Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah, Dahnil Anzar Simanjuntak sebagai tim kampanye pasangan calon presiden-wakil presiden nomor urut 02. Menurut JK, anggota Pemuda Muhammadiyah harus memiliki kebebasan dalam menentukan hak pilih walau sebagai organisasi tak berpihak.

"Dengan posisi itu (Dahnil sebagai tim kampanye Prabowo-Sandi), tak berarti anggotanya harus ikut. Mereka harus mendapatkan memilih yang terbaik," kata dia.

Ia pun mengajak seluruh masyarakat untuk tetap bersatu walau berbeda pilihan dengan mencontohkan acara pemuda Muhammadiyah tersebut. Sejumlah tokoh berada di barisan tempat duduk yang sama.

Dahnil duduk bersama ada Ketua MPR Zulkifli Hasan, Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Haedar Nashir, Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X, Wakil Ketua DPD GKR Hemas, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara. Menurut JK, warga pun harus bisa duduk bersebelahan walau berbeda pilihan.

Sistem demokrasi diterapkan untuk memajukan bangsa. Dalam hal pilihan politik, kata dia, menjadi hak setiap warga negara.

"Kita boleh beda (pilihan) di TPS, tapi kita harus tetap bersama memajukan bangsa. Penentuan pilihan itu hanya masalah 5-10 menit. Jangan membuat (beda pilihan) menjadi terpecah belah," katanya.



(SUR)

metro tv
  • OpsiOpsi
  • kick andyKick Andy
  • economic challengesEconomic Challenges
  • 360360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id