Kapolres Lumajang AKBP DR Muhammad Arsal Sahban. Foto: Istimewa
Kapolres Lumajang AKBP DR Muhammad Arsal Sahban. Foto: Istimewa

TNI dan Polri Gelar Simulasi Pengamanan Kampanye di Lumajang

Pemilu pengamanan pemilu pilpres 2019
Sonya Michaella • 24 Maret 2019 01:13
Lumajang: Memasuki minggu kampanye, TNI dan Polri bekerjasama dengan pemerintah daerah Lumajang, Jawa Timur, menggelar simulasi Sistem Pengamanan Kota (Sispam). Simulasi ini melibatkan seluruh komponen pemilihan umum, termasuk masyarakat.
 
"Simulasi Sispam Kota bertujuan untuk melatih petugas dalam mengendalikan situasi bila ada kerusuhan yang dapat menjalar dan bersifat meluas," kata Kapolres Lumajang AKBP DR Muhammad Arsal Sahban, Sabtu 23 Maret 2019.
 
Simulasi berupa sekelompok massa, yang ternyata adalah masyarakat sekitar, dijaga oleh puluhan personel polisi dan kemudian terjadi bentrokan. Selain itu, simulasi penangkapan dan pengamanan massa juga dilakukan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Dari simulasi Sispam Kota ini terlihat peran masing-masing apa yang Polri harus lakukan, apa yang TNI harus lakukan, apa yang harus dilakukan oleh Satpol PP dan juga apa peran potensi masyarakat lainnya. semuanya berperan berdasarkan eskalasi kerusuhan yang terjadi," lanjut dia.
 
Kegiatan simulasi Sispam Kota dilaksanakan di Depan Stadion Semeru Kab Lumajang yang dihadiri semua unsur yaitu dari TNI, Polri, Pemda, PN, Kejaksaan, KPU, Bawaslu dan warga Lumajang.
 
Dandim 0821 Lumajang Letkol Infanteri Ahmad Fauzi juga mengatakan, TNI siap membantu Polri apabila kekuatan Polri sudah tidak mampu menangani kerusuhan yang terjadi.
 
"Dalam simulasi Sispam Kota ini tergambar posisi masing-masing. Tujuan utamanya adalah membuat Kota Lumajang selalu kondusif, kalau ada kerusuhan, kami akan bantu Polri untuk menetralisir situasi," ungkap Fauzi.
 

(ADN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif