Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto. Foto: Fachri Audhia Hafiez/Medcom.id
Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto. Foto: Fachri Audhia Hafiez/Medcom.id

Pembakaran Surat Suara Harus Diusut Tuntas

Pemilu pilpres 2019 pemilu serentak 2019
Fachri Audhia Hafiez • 26 April 2019 14:00
Jakarta: Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto memerintahkan kasus pembakaran surat suara di beberapa daerah diusut tuntas. Pengusutan kasus tersebut diserahkan kepada Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu), yang terdiri dari Bawaslu, Kepolisian, dan Kejaksaan.
 
"Diselesaikan saja oleh Gakkumdu di sana," kata Wiranto di Kantor Adhi Karya, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Jumat, 26 April 2019.
 
Menurut dia, permasalahan yang ada di beberapa tempat pemungutan suara (TPS) tidak mengancam stabilitas nasional. Dia yakin penegak hukum mampu menyelesaikan berbagai permasalahan yang timbul saat perhelatanPemilu 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Nah makanya itu kecil sekali, biar sajalah kalau yang kecil-kecil itu emosional dari mungkin pemilihan di daerah ya ada DPR, DPRD, mungkin ada kegiatan yang tidak terkontrol," ujar mantan Panglima ABRI (kini disebut TNI) itu.
 
Video berdurasi lima menit yang viral di media sosial merekam pembakaran ribuan surat suara. Orang yang merekam kejadian itu menyebut pembakaran surat suara dilatarbelakangi kekecewaan warga lantaran hanya mendapatkan surat suara pemilihan anggota legislatif.
 
Sedangkan surat suara pilpres menggunakan sistem noken. Warga yang kesal dan merasa dirugikan oleh sistem noken lantas membakar surat suara.
 
Penggunaan sistem noken dalam Pemilu 2019 di Papua sebenarnya sudah diatur dalam PKPU Nomor 810 Tahun 2019 tertanggal 5 April 2019. Ada 12 kabupaten di Papua yang masih diperbolehkan menggunakan sistem noken, yakni Tolikara, Puncak Jaya, Puncak, Jayawijaya, Nduga, Paniai, Deiyai, Lanny Jaya, Yahukimo, Mambramo Tengah, Intan Jaya, dan Dogiyai.
 
Komisioner KPU Ilham Saputra mengonfirmasi kebenaran pembakaran surat suara. Peristiwa itu terjadi Selasa, 23 April 2019.
 
KPU sedang menginvestigasi siapa yang bertanggung jawab. KPU masih mendalami jumlah TPS, kotak suara, dan surat suara yang diduga dibakar warga.
 
Pembakaran surat suara juga terjadi di daerah lain. Daerah tersebut ialah Jambi, Maluku, dan Sumatera Barat.
 

(AZF)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif