Debat. Ilustrasi: Medcom.id/Mohammad Rizal.
Debat. Ilustrasi: Medcom.id/Mohammad Rizal.

Debat Pilpres Diminta Tak Memboboti Materi dengan Pesimisme

Pemilu debat capres cawapres pilpres 2019
Muhammad Syahrul Ramadhan • 17 Januari 2019 03:40
Jakarta: Kordinator Jaringan Milenial Anti-Korupsi dan Anti-Intoleransi (Jaring Milea) Alan Christian meminta kedua pasangan capres cawapres tidak memboboti debat dengan materi yang mengundang pesimisme.
 
"Kami mengimbau kepada capres cawapres untuk tidak memboboti materi debat dengan hoaks, kebohongan, pesimisme, dan asumsi yang menakuti masyarakat," kata Alam Christian seperti dikutip Antara, Rabu, 16 Januari 2019.
 
Menurutnya, tema debat perdana Pilpres 2019 penting untuk diangkat lantaran selalu menjadi momok menakutkan ketika kembali mengingat peristiwa-peristiwa lalu yang saling terkait satu sama lain.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Pemirsa debat nantinya tidak hanya kelompok orang tua yang dengan mata terbuka telah meyaksikan pasang surut perpolitikan bangsa ini termasuk peristiwa yang erat kaitanya dengan tema itu," tuturnya.
 
Penonton debat, lanjut dia, juga berasal dari kaum milenial yang kritis menggali informasi masa lalu. Jumlah milenial yang mencapai 90 juta jiwa juga cenderung mengkonfrontir setiap pertanyaan dengan data-data.
 
"Artinya anak muda tidak bisa dibohongi, atau terpapar info hoaks walaupun kebanyakan tidak menyaksikan peristiwa sejarah masa lalu secara langsung. Jadi sebaiknya untuk tidak membingungkan milenial dengan data-data tidak benar apalagi asumsi," tutup Alan.
 

(HUS)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif