Jokowi Dapat Dukungan dari Caleg Perempuan
Presiden Joko Widodo menunggangi motor modifikasi bergaya street tracker. Foto: Medcom.id/Achmad Zulfikar Fazli.
Tangerang:calon presiden Joko Widodo mendapat dukungan dari calon legislatif partai pendukung. Deklarasi dukungan itu berlangsung di D Varee Solitaire Hotel, Serpong, Tangerang.

Jokowi tampak mengenakan kaus lengan panjang bertuliskan #01 di bagian depan. Angka tersebut merupakan nomor urut Jokowi-Ma'ruf Amin dalam Pilpres 2019.


Para caleg perempuan yang hadir pun tampak antusias menyambut kehadiran calon presiden petahana. Dalam kesempatan itu, Jokowi mengapresiasi para partai pendukungnya yang mampu memajukan banyak calon legislatif perempuan.

"Ini sebuah lompatan yang luar biasa," kata Jokowi dalam deklarasi dukungan calon legislatif perempuan untuk Jokowi di D Varee Solitaire Hotel, Serpong, Tangerang, Minggu, 4 November 2018.

Dia juga mengingatkan para caleg perempuan untuk berjuang keras agar mampu masuk ke legislatif. Pasalnya, perjuangan yang ditempuh pun tak mudah.

Dia menceritakan perjuangannya di pemilihan wali kota Solo pada 2005. Saat itu, dia melawan wali kota petahana.

Menurut dia, tak mudah menghadapi petahana. Dia kemudian berjuang keras menemui masyarakat satu per satu untuk mendapat dukungan.

Dia meninggalkan cara lama berkampanye dengan mengumpulkan massa di lapangan. Dia mendatangi langsung masyarakat untuk lebih meyakinkan dukungan yang diperoleh.

Alhasil, dia berhasil meraup kemenangan meski perolehan suaranya hanya sekitar 37 persen. "Tipis tapi menang."

Setelah menjadi wali kota, dia mulai bekerja dengan memberikan kartu sehat, kartu pintar, dan membangun 43 pasar di Solo. Kerja nyata itu dinilai mampu mendongkrak elektabilitasnya. 

Pada periode kedua, Jokowi kembali terpilih menjadi wali kota dengan perolehan 90 persen lebih. Perolehan suara itu didapat tanpa mengeluarkan banyak uang. Jokowi hanya mendatangi satu per satu masyarakat untuk menyosialisasikan kerja nyatanya selama memimpin Solo periode 2005-2010.

Baca:Ma'ruf Hakulyakin Dipilih Masyarakat Banten

"Dari pintu ke pintu itu kunci, kita dapat dua, enggak keluar uang dan tanpa kalimat bertele-tele, tapi keringat bercucuran, karena harus berani dari pintu ke pintu, hasilnya 91 persen," ucap dia.

Kemudian, dia lompat ke pemilihan gubernur DKI Jakarta. Dia yang berpasangan dengan Basuki Tjahaja Purnama berhasil menang atas Fauzi Bowo dan Nachrowi Ramli. Cara yang dilakukan sama, dengan turun langsung ke kampung-kampung untuk menemui masyarakat.

"Saya yakin insyaallah menang, akhirnya juga menang," ujar dia.

Dia pun meminta para caleg perempuan melakukan cara serupa untuk meraih kursi legislatif. "Memang capek memang memerlukan tenaga yang berlebih. Tapi itu yang harus kita lakukan," kata dia.





(OGI)

metro tv
  • OpsiOpsi
  • kick andyKick Andy
  • economic challengesEconomic Challenges
  • 360360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id