Gaya Politik Merangkul dari Ajakan Hijrah
Calon Presiden pasangan nomor urut 01 Joko Widodo menyapa Relawan Pengusaha Muda Nasional (Repnas) di Jakarta. Foto: MI/Ramdani.
Jakarta:Pengamat politik dari LSI Denny JA, Adjie Alfaraby, merespons positif ajakan hijrah Presiden Joko Widodo. Dia melihat calon presiden petahana itu menunjukkan gaya politik yang merangkul. 

"Jadi ini lebih ke situ ya, ingin menegaskan identitas dan karakteristik Pak Jokowi sebagai sosok yang lebih banyak merangkul," kata Adjie kepada Medcom.id, Senin, 5 November 2018. 


Menurut dia, gaya politik ini bertujuan untuk mencegah bangsa terpecah belah. Selain itu, ajakan ini juga mengakomodasi keinginan warga agar dapat hidup bersama-sama. 

"Kalau kita lihat kondisi menjelang pilpres ini kan cukup gaduh ya karena banyaknya informasi hoaks di media sosial. Banyak juga saling serang soal data segala macam ya," jelas dia.

Baca:Prabowo Disebut Jurkam Terbaik Jokowi

Sementara itu, Adjie menyebut pengaruh elektabilitas dari seruan ini tak langsung terlihat. Namun, bila pernyataan yang dilemparkan positif, publik akan memberikan respek.

"Kalau pengaruh elektoral enggak akan secara langsung," kata dia.

Sebelumnya, calon presiden Joko Widodo mengajak masyarakat untuk hijrah menjadi pribadi yang lebih baik. Hal itu perlu dilakukan untuk menjaga persatuan, kesatuan, dan persaudaraan antarmasyarakat.

"Saya mengajak kita semuanya bersama-sama mulai hijrah dari ujaran-ujaran kebencian ke ujaran-ujaran kebenaran," ujar Jokowi dalam acara deklarasi dukungan ulama, pendekar Banten dan relawan Banten bersatu di GOR Maulana Yusuf, Serang, Banten, Sabtu, 3 November 2018.





(OGI)

metro tv
  • OpsiOpsi
  • kick andyKick Andy
  • economic challengesEconomic Challenges
  • 360360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id