Juru bicara TKN Jokowi-Ma'ruf Arya Sinulingga. MI/M Irfan.
Juru bicara TKN Jokowi-Ma'ruf Arya Sinulingga. MI/M Irfan.

TKN: Putusan Bawaslu Soal Situng Tegaskan Mekanisme Pemilu

Pemilu pemilu serentak 2019
M Sholahadhin Azhar • 16 Mei 2019 15:52
Jakarta: Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin tak mempermasalahkan koreksi Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) soal Sistem Informasi Penghitungan (Situng) Komisi Pemilihan Umum (KPU). Juru bicara TKN Arya Sinulingga menilai putusan itu bentuk penegasan mekanisme pemilu dari Bawaslu.
 
"Situng ini bukan data resmi untuk keputusan Pemilu, tapi pemaparan untuk transparansi. Supaya kan kita bisa ngecek kalau ada yang enggak benar," ujar Arya di Posko Pemenangan Cemara, Menteng, Kamis, 16 Mei 2019.
 
Baca: Bawaslu Putuskan KPU Melakukan Kesalahan dalam Situng

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurutnya, tak ada masalah dengan keputusan Bawaslu itu. Karena pengawas punya dasar kuat dalam memutuskan perkara. Ketika dibuktikan sistem KPU salah, maka penyelenggara wajib mengoreksi hal itu.
 
"Artinya metode mereka yang salah, ya sudah seharusnya mereka luruskan," ujar Arya.
 
Wakil Direktur Bidang Hukum TKN Juri Ardiantoro merespons positif putusan Bawaslu itu. Sebab hal itu menuntut KPU bekerja profesional dan terbuka, untuk menjamin pemilu yang jujur dan adil.
 
Pihaknya juga mengapresiasi sikap Bawaslu. Pasalnya, jika tak dikoreksi akan membuat pemilu tak pasti. "Dimana transparansi dan kebutuhan informasi cepat yang menjadi syarat demokrasi modern tidak terpenuhi," ujar dia.
 
Baca: PAN Sesalkan Sikap Prabowo Ogah ke MK
 
Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) memutuskan Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah melanggar tata cara penginputan data dalam Sistem Informasi Penghitungan Suara (Situng). Putusan tersebut menanggapi laporan nomor 007/LP/PP/ADM/RI/00.00/V/2019, dari Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno yang menyebut terdapat kekeliruan input data situng.
 

(DRI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif