MA Diminta Jelaskan ke Publik Soal Uji Materi OSO
Suasana gedung Mahkamah Agung (MA) di Jakarta, Senin (3/7/2017). Foto: MI/Bary Fathahilah
Jakarta: Peneliti Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) meminta Mahkamah Agung (MA) menjelaskan ke publik mengenai pengabulan uji materi Peraturan KPU (PKPU) yang diajukan Ketua Umum Partai Hanura Oesman Sapta Odang (OSO).

Peneliti dari Perludem, Fadli Ramadhanil mengatakan, polemik ini bisa menimbulkan kebingungan di tengah-tengah masyarakat. Ia meminta MA menjelaskan hal-hal apa saja yang dikabulkan oleh MA.


"Bagian mana yang dikabulkan. Bukan hanya konfirmasi telah menerima uji materil, namun jelaskan lebih lanjut," kata Fadli pada diskusi di kantor Indonesia Corruption Watch (ICW) di Jakarta, Rabu, 31 Oktober 2018.

Baca juga: ICW: Kemenangan OSO di MA Aneh bin Ajaib

Lebih lanjut, Fadli menuturkan kejelasan dari pihak MA akan mengatasi kekacauan informasi yang telah beredar di media massa. Untuk itu, ia meminta MA sesegara mungkin mengklarifikasi ke muka publik.

Sebelumnya, Juru Bicara Mahkamah Agung, Suhadi, mengonfirmasi bahwa MA mengabulkan uji materi yang diajukan OSO terkait larangan pengurus partai politik mencalonkan diri menjadi anggota DPD.

"Ya benar, jadi baru dapat dari manajemen perkara dikabulkan permohonan itu," kata Juru bicara MA Suhadi saat dihubungi, Selasa, 30 Oktober 2018 kemarin.



(MBM)

metro tv
  • OpsiOpsi
  • kick andyKick Andy
  • economic challengesEconomic Challenges
  • 360360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id