Juru bicara KPK Febri Diansyah/MI/Rommy Pujianto
Juru bicara KPK Febri Diansyah/MI/Rommy Pujianto

KPK Pertimbangkan Independensi Kirim Panelis Debat Pilpres

Pemilu pilpres 2019
Fachri Audhia Hafiez • 03 Januari 2019 14:01
Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) belum memutuskan mengirim panelis debat Pilpres 2019. Mereka masih membahas termasuk soal pertaruhan independensi Lembaga Antirasuah.
 
"KPK juga perlu mempertimbangkan sejauh mana risiko independensi KPK sebagaimana diatur di Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2002 tentang Komisi Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi," kata juru bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Kamis, 3 Januari 2019.
 
Baca: Jadwal Lengkap Debat Pilpres 2019

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Secara internal, terang Febri, KPK masih membahas bersedia tidaknya menjadi panelis. KPK sebenarnya cukup memberikan sejumlah saran materi pemberantasan korupsi.
 
"Kemudian menjelaskan mengenai keberadaan KPK yang akan dibahas tanpa dihadiri secara langsung pimpinan KPK," ujar Febri.
 
Isu korupsi menjadi salah satu yang akan dibahas dalam debat perdana pilpres. Panelis dari KPK akan menyusun pertanyaan terkait program kerja pasangan calon (paslon) menyelesaikan persoalan korupsi di Indonesia.
 
Baca: Lima Tema Debat Pilpres 2019
 
Komisi Pemilihan Umum (KPU) sudah memilih delapan panelis menyusun pertanyaan saat debat publik pertama Pilpres 2019. Tujuh di antaranya mengonfirmasi kesediaan.
 
Debat publik perdana Pilpres 2019 dijadwalkan 17 Januari 2019 di Hotel Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan. Debat publik pertama diselenggarakan dengan format debat antarpasangan capres dan cawapres. Isu hukum, HAM, dan terorisme juga akan dibahas dalam debat untuk pertama kalinya itu.
 

(OJE)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif