Juru Bicara Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin, Ace Hasan Syadzily - M/Irfan.
Juru Bicara Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin, Ace Hasan Syadzily - M/Irfan.

Kubu Jokowi Duga Ada Upaya Mendelegitimasi Pemilu

Pemilu pilpres 2019
Arga sumantri • 08 Januari 2019 10:40
Jakarta: Juru Bicara Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin, Ace Hasan Syadzily, menduga ada pihak yang ingin mendelegitimasi penyelenggaraan pemilu. Hal ini dibaca dari sejumlah manuver politik yang menyudutkan Komisi Pemilihan Umum (KPU).
 
"Saya melihat serangkaian manuver berbahaya untuk merusak kredibilitas dan legitimasi KPU sebagai penyelenggara pemilu yang mandiri," kata Ace di Jakarta, Selasa, 8 Januari 2019.
 
Belakangan, kata Ace, santer kabar bohong yang dialamatkan pada KPU. Misalnya, informasi hoaks soal tujuh kontainer hingga terkait putusan KPU soal debat kandidat yang justru dituding berpihak pada kubu petahana.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Bagi Ace, hal ini merupakan serangan yang bertujuan merusak kredibilitas KPU sebagai lembaga independen. "Dengan tujuan akhirnya semua putusan KPU dianggap partisan. Dan ini menjadi pintu masuk untuk mendelegitimasi pemilu," ujar politikus Golkar itu.
 
(Baca juga:Ma'ruf Sebut Isu Mendiskreditkan KPU Cara Lama)
 
Manuver ini sangat berbahaya bagi demokrasi. Sebab, upaya mencapai tujuan politik dilakukan dengan menghalalkan segala cara.
 
"Pembodohan politik lewat sandiwara dan menebar kebohongan serta narasi-narasi negatif tentang KPU dan pemilu," ujar ketua DPP Golkar itu.
 
Ace mengatakan Presiden Joko Widodo sering menyampaikan kalau pemilu adalah pesta demokrasi yang harusnya diisi dengan politik kegembiraan. Pemilu juga harus penuh dengan politik akal sehat dan gagasan.
 
"Bukan politik menghancurkan secara membabi buta." tandas dia.

 

(REN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif