Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Syarief Hasan. Foto: Antara/Fanny Octanianus
Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Syarief Hasan. Foto: Antara/Fanny Octanianus

Keinginan Senior Partai Dinilai Tak Mewakili Demokrat

Pemilu partai demokrat
Candra Yuri Nuralam • 14 Juni 2019 09:53
Jakarta: Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Syarief Hasanmenyebut pernyataan para tokoh senior dan pendiri yang mengatasnamakan Gerakan Moral Penyelamat Partai Demokrat (GMPPD) tidak mewakili partai. Permintaan regenerasi kepemimpinan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tidak bisa dilakukan hanya karena keinginan segelintir orang.
 
"Permintaan para senior itu tidak bisa mewakili partai. Semua ada aturannya yaitu AD/ART Partai Demokrat," kata Syarief saat dihubungi Medcom.id, Jumat, 14 Juni 2019.
 
Syarief mengatakan pengadaan kongres luar biasa (KLB) untuk regenerasi kepemimpinan SBY harus mengikuti peraturan yang berlaku. KLB juga harus dilakukan oleh anggota dewan tertinggi partai.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Jika hanya keinginan segelintir senior, KLB tidak bisa dilakukan. Opini beberapa orang, kata Syarief, tidak bisa mewakili partai.
 
Meski demikian, Syarief tidak ingin langsung menyalahkan sikap para senior itu. Dia ingin mendengarkan terlebih dahulu alasan mereka menginginkan regenerasi kepemimpinan.
 
(Baca juga:Tokoh Senior Demokrat Minta SBY Diganti)
 
"Kami akan lakukan pendekatan keluarga besar. Kita harus ikuti AD/ART yang berlaku," tutur Syarief.
 
Sebelumnya, pendiri dan tokoh senior Partai Demokrat yang tergabung dalam Presidium Gerakan Moral Penyelamat Partai Demokrat (GMPPD) meminta regenerasi kepemimpinan. Salah satu inisiator, Max Sopacua, menginginkan kongres luar biasa (KLB).
 
"KLB kita tidak susah-susah, Pak SBY (Susilo Bambang Yudhoyono) tinggal minta AHY (Agus Harimurti Yudhoyono) untuk memimpin partai ini," kata Max di bilangan Cikini, Jakarta Pusat, Kamis, 13 Juni 2019.
 
Para tokoh senior partai sekapat dengan kepiawaian AHY. Max menyatakan tak ada penolakan atas kepemimpinan anak sulung SBY ini. Namun, tetap semua hal terkait peralihan kepemimpinan harus disepakati kongres, sesuai peraturan partai.
 
Dorongan ini disebut Max bukan sekadar wacana. Pihaknya akan menyiapkan silaturahmi nasional untuk mengundang kader dan keluarga besar Demokrat untuk menyukseskan hal tersebut.
 

(REN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif