Sekjen PAN Eddy Soeparno/Medcom.id/Whisnu Mardiansyah
Sekjen PAN Eddy Soeparno/Medcom.id/Whisnu Mardiansyah

PAN Menghormati Demokrat soal Pembubaran Koalisi

Pemilu pilpres 2019
Candra Yuri Nuralam • 10 Juni 2019 14:29
Jakarta: Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Amanat Nasional (PAN) Eddy Soeparno menghormati sikap Wakil Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Rachland Nashidik yang menghendaki pembubaran koalisi usai pelaksanaan Pilpres 2019. Pembubaran koalisi diharapkan mengikis polarisasi di tengah masyarakat.
 
"Kita hormati usulan teman-teman Partai Demokrat sebagai upaya untuk menyatukan bangsa yang praktis terbelah selama delapan bulan di masa kampanye pilpres sampai dengan sekarang," kata Eddy di Jakarta, Senin 10 Juni 2019.
 
Menurut Eddy, tidak ada lagi kubu 01 dan 02 yang tecermin dalam koalisi parpol membuat masyakarat melupakan perbedaan. Cara ini dinilai bisa mempersatukan kembali masyarakat yang sempat terbelah imbas beda pilihan di Pilpres.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain pembubaran koalisi, upaya lainnya mempertemukan kedua calon Joko Widodo dan Prabowo Subianto. Pertemuan kedua tokoh ini diharapkan secepatnya terwujud.
 
"Kami pribadi berpandangan bahwa pertemuan antara Presiden Jokowi dengan Pak Prabowo kelak secara otomatis akan meluluhkan perbedaan pandangan antar-masyarakat pendukung paslon 01 dan 02," tandasnya.
 
Sebelumnya, Wakil Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Rachland Nashidik menyarankan calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo dan calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto membubarkan koalisi mereka. Langkah itu dinilai bisa mencegah benturan di masyarakat.
 
"Pak @prabowo, Pemilu sudah usai. Gugatan ke MK (Mahkamah Konstitusi) adalah gugatan pasangan capres. Tak melibatkan peran partai. Saya usul, Anda segera bubarkan koalisi dalam pertemuan resmi yang terakhir. Andalah pemimpin koalisi, yang mengajak bergabung. Datang tampak muka, pulang tampak punggung,"tulis Rachland melalui akun Twitter pribadinya @RachlanNashidik, Minggu, 9 Juni 2019.
 
Rachland kembali mencuit. Ia menyarankan capres petahana Jokowi melakukan hal serupa. Ia menilai langkah itu bakal mengurai ketegangan di akar rumput.
 
"Anjuran yang sama, bubarkan Koalisi, juga saya sampaikan pada Pak @jokowi. Mempertahankan koalisi berarti mempertahankan perkubuan di akar rumput. Artinya mengawetkan permusuhan dan memelihara potensi benturan dalam masyarakat. Para pemimpin harus mengutamakan keselamatan bangsa," ujar Rachland.
 

(WHS)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif