Massa mulai berkumpul di depan Gedung Bawaslu, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Selasa, 21 Mei 2019. Medcom.id/Syahrul Ramadhan.
Massa mulai berkumpul di depan Gedung Bawaslu, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Selasa, 21 Mei 2019. Medcom.id/Syahrul Ramadhan.

Massa Mulai Geruduk Bawaslu

Pemilu unjuk rasa pemilu serentak 2019
Muhammad Syahrul Ramadhan • 21 Mei 2019 15:19
Jakarta:Massa dari berbagai organisasi kemasyarakatan seperti Gerakan Masyarakat Pemuda (Gempa), Persaudaraan Pekerja Muslim, Relawan Buruh Indonesia, dan GL Pro mulai melakukan unjuk rasa di depan Gedung Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).
 
Massa terlihat membawa sejumlah atribut seperti bendera merah putih dan spanduk yang menuntut pengusutan kecurangan pemilu. Mereka menuntut agar pasangan nomor urut 01 Joko Widodo dan Ma'ruf Amin didiskuliafikasi.
 
Baca: Massa Berkumpul di Masjid Jami Tanah Abang

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Massa terlihat terpecah belah di depan Gedung Bawaslu. Sejumlah kelompok tak bisa bergabung karena tertahan di Bundaran Hotel Indonesia. Polisi menutup Jalan MH Thamrin, tepatnya di depan Gedung Sinarmas.
 
Melalui pengeras suara salah satu peserta aksi meminta teman-teman mereka yang berada di Bundaran HI diberi jalan untuk bergabung. "Itu saudara-saudara kami," kata orator aksi di depan Gedung Bawaslu, Jalan MH Thamrin, Selasa, 21 Mei 2019.
 
Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Harry Kurniawan menuruti keinginan itu. Harry bersama personel Brigade Mobil (Brimob) mengawal massa untuk bergabung. "Sudah, jalan ustaz," ujarnya.
 
Namun, orator aksi tak puas. Ia meminta Polisi membuka penutupan jalan tersebut agar lebih banyak massa yang bergabung di depan Gedung Bawaslu.
 
Baca: Polda Penyangga Antisipasi Pergerakan Massa
 
Sekitaran lokasi sudah dijaga ketat oleh pasukan polisi. Dua kendaraan RAISA (Pengurai Massa) dikerahkan. Di depan Bawaslu juga dipasang kawat berduri.
 

(DRI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif