Ketua Divisi Advokasi dan Hukum Partai Demokrat Ferdinand Hutahaean. Foto: Medcom.id/Adin.
Ketua Divisi Advokasi dan Hukum Partai Demokrat Ferdinand Hutahaean. Foto: Medcom.id/Adin.

Demokrat Tak Pernah Mengharapkan Cottail Effect

Pemilu partai demokrat pilpres 2019
Intan Yunelia • 21 April 2019 11:12
Jakarta: Partai Demokrat tak pernah mengharapkan adanya efek ekor jas atau cottail effect di Pilpres 2019. Sebab, calon presiden dan calon wakil presiden yang mereka usung bukan berasal dari Demokrat.
 
"Pemilu kali ini untuk partai (Demokrat) yang tidak ada kadernya di kontestasi Pilpres tidak akan berharap cottail effect atau efek ekor jas, karena ini memang berat," kata Ketua DPP Partai Demokrat, Ferdinand Hutahaean kepada Medcom.id, di Jakarta, Minggu, 21 April 2019.
 
Demokrat dinilai gagal mendapatkan cottail effect dari Prabowo Subianto-Sandiaga Uno selaku capres dan cawapres yang diusungnya. Hal itu juga berdampak pada perolehan suara Demokrat pada Pileg 2019, yang menurun dari 10,19 persen menjadi 6,81 persen versi hutung cepat LSI Denny JA.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ferdinand mengatakan pileg dan pilpres yang dilakukan serentak menyulitkan partainya untuk mendongkrak suara. Apalagi, tidak ada kadernya yang berkompetisi di Pilpres 2019.
 
Dia bersyukur suara partainya masih bisa berada di atas empat persen. Dengan begitu, Demokrat masih kebagian kursi di Parlemen pada periode 2019-2024.
 
"Perjuangan kami justru sudah sangat berat dan kami merasa cukup berhasil mempertahankan suara partai dari penurunan itu perjuangan kami justru sudah sangat berat. Dan kami merasa cukup berhasil mempertahankan suara partai dari penurunan itu," ujar Ferdinand.
 
Di sisi lain, dia berharap partainya mendapat limpahan kursi di Senayan dari partai lain yang tak lolos ambang batas parlemen. Konversi kursi mereka dialihkan ke partai yang lolos Parlemen seperti Demokrat.
 
"Ada kemungkinan jumlah kursi kita akan bertambah karena ada partai yang tidak lolos ambang batas parlemen. Kita akan kebagian atau hadiah," tuturnya.
 

(AZF)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif