Ilustrasi. Gedung KPU RI MTVN Fachri
Ilustrasi. Gedung KPU RI MTVN Fachri

KPU Harap Putusan soal OSO Diterima Semua Pihak

Pemilu pemilu serentak 2019
Faisal Abdalla • 05 Desember 2018 02:34
Jakarta: Komisi Pemilihan Umum (KPU) sudah memutuskan sikap terkait polemik pencalonan Ketua Umum Partai Hanura, Oesman Sapta Odang (OSO), pada Pemilu 2019. KPU meminta semua pihak bisa menerima putusan tersebut.
 
"Saya harap apa yang jadi keputusan KPU bisa dipahami dan diterima semuanya. Jangan lagi ada perdebatan," kata Ketua KPU Arief Budiman di Gedung KPU, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa, 4 Desember 2018.
 
Arief mengatakan pihaknya sudah mengambil keputusan terkait OSO secara hati-hati. KPU juga sudah mempertimbangkan masukan dari banyak pihak.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Opsi ini harus memenuhi semua prinsip rasa kebenaran dan keadilan. Bukan hanya adil tapi juga benar. Dua hal ini yang buat kita harus sangat berhati-hati," tukasnya.
 
KPU tak menutup kemungkinan akan memasukkan kembali nama OSO dalam daftar calon tetap (DCT) anggota DPD. Namun ada sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi OSO.
 
Baca:KPU Punya Jalan Keluar untuk OSO
 
"Terkait putusan Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN), KPU akan jalankan. KPU akan jalankan dengan ketentuan. Jadi dijalankan dengan sejumlah syarat," kata Ketua KPU Arief Budiman di Gedung KPU, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa 4 Desember 2018.
 
Arief belum mau membocorkan secara detail syarat apa yang harus dipenuhi OSO. Namun menurutnya syarat yang akan diminta KPU kurang lebih sama dengan isi putusan Mahkamah Konstitusi (MK) nomor 30/PUU-XVI/2018.
 
"Kan di situ (putusan PTUN) perintahnya masukan (OSO ke DCT). Ya, KPU jalankan, tapi ada syaratnya sebagaimana diputuskan dalam putusan MK. Kita melaksanakan konstitusi," imbuh Arief.
 
Detail persyaratan yang harus dipenuhi OSO jika ingin kembali masuk dalam bursa Pemilu 2019 akan dituangkan dalam surat tertulis. Rencananya surat tersebut akan dikirimkan langsung kepada OSO.
 
"Nanti detailnya ini di surat. Targetnya minggu ini selesai dikirim ke OSO," tandasnya.
 
Baca:OSO Menang
 

(LDS)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:25
  • SUBUH04:35
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif