Survei: Jokowi Unggul Jauh dari Prabowo
Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden nomor urut 01 Joko Widodo dan Ma'ruf Amin menerima plakat nomor urut Capres dan Cawapres Pemilu 2019 di Kantor KPU, Jakarta. Foto: Antara/Puspa Perwitasari
Jakarta: Jaringan Suara Indonesia merilis survei elektabilitas Pemilihan Presiden 2019. Direktur Eksekutif PT Jaringan Suara Indonesia (JSI) Fadjar S. Tamin menyebut, Joko Widodo menang telak atas Prabowo Subianto.

"Tingkat dukungan mencapai 54,8 persen, jauh di atas Prabowo di level 30, 8 persen," kata Fadjar melalui keterangan tertulis, Jumat, 26 Oktober 2018.


Separuh lebih dari 1.200 responden, kata dia, memilih Jokowi. Hal ini karena popularitas Jokowi yang sangat tinggi. Sehingga sangat menguntungkan inkumben di Pilpres 2019 nanti.

"Sebanyak 99,6 persen responden mengaku pernah dengar nama Jokowi," imbuh Fadjar. 

Pun demikian, ia menyebut tingkat popularitas tak menjamin elektabilitas. Sebab sebanyak 97,8 persen responden mengenal Prabowo, tapi hanya 30,8 persen yang memilihnya. Selain itu, pasangan nomor urut 01 ini juga dianggap merakyat.

"76 persen jauh di atas Prabowo-Sandi yang cuma 16 persen," ujar Fadjar.

Baca: Khofifah Ujung Tombak Pemenangan Jokowi-Ma'ruf di Jatim

Namun dalam kategori ketegasan, ia menyebut Prabowo menang tipis dari Jokowi. 53 persen responden menganggap peserta pilpres dua kali berturut-turut itu sosok yang tegas. Mengalahkan Jokowi yang hanya mendapat porsi 38 persen.

Fadjar menjelaskan survei dilakukan dari tanggal 8 sampai 13 Oktober 2018 dengan sistem multistage random sampling. Penelitian menggunakan metodologi wawancara tatap muka terhadap 1.200 responden yang tersebar di seluruh Indonesia. Margin of error kurang lebih 2,9 persen dengan tingkat kepercayaam 95 persen.



(DMR)

metro tv
  • OpsiOpsi
  • kick andyKick Andy
  • economic challengesEconomic Challenges
  • 360360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id