Calon wakil presiden nomor urut 01 Ma'ruf Amin. ANT/Asep F.
Calon wakil presiden nomor urut 01 Ma'ruf Amin. ANT/Asep F.

Identitas Ulama Ma'ruf Tak Akan Hilang Saat Debat

Pemilu debat capres cawapres pilpres 2019 Jokowi-Ma`ruf
M Sholahadhin Azhar • 16 Januari 2019 02:51
Jakarta: Calon wakil presiden nomor urut 02 Ma'ruf Amin bakal tampil apa adanya dalam debat pemilihan presiden. Anggota Dewan Penasihat Tim Kampanye Nasional Joko Widodo-Ma'ruf Amin, Rommahurmuziy (Romy) memastikan figur kiai pada Ma'ruf tak akan dihilangkan.
 
"Sebagai posisinya, ulama yang mendampingi Pak Jokowi sebagai cawapres itu. Dan beliau tidak akan kehilangan perannya dan akan diposisikan seperti itu," kata Romy di Menteng, Jakarta Pusat, Selasa malam, 15 Januari 2019.
 
Menurutnya, tak ada masalah dengan sosok ulama pada diri Ma'ruf. Hal ini juga telah diperkuat dengan serangkaian latihan debat. Meski tak banyak, Romy meyakini Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) itu bisa mengungguli sesi satu lawan satu dengan cawapres nomor urut 02 Sandiaga Uno.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Romy membocorkan, salah satu yang akan dikedepankan Ma'ruf adalah gimik politik. Gimik dalam artian positif tentang marketing politik dan kiasan lain yang layak ditampilkan.
 
"Itu juga kita berikan pembekalan atau persiapan kiai Ma'ruf supaya beliau mengikuti," kata Romy.
 
Perihal pelatihan gimik, ia menyebut ada 'frekuensi' yang harus disesuaikan saat Ma'ruf muncul di debat. Sebab selama ini, pembesar agama itu selalu menyampaikan tausyiah dalam berpandangan.
 
Pun demikian, Romy memastikan soal gimik hanya sebatas selingan. "Enggak lama karena paling penting adalah konten. Soal poltical gimmick marketing gimmick itu sangat singkat," ujarnya.

 

(DRI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif