Viral Foto Polisi Dukung Prabowo-Sandi Hoaks

Dian Ihsan Siregar 19 November 2018 20:29 WIB
pilpres 2019hoax
Viral Foto Polisi Dukung Prabowo-Sandi Hoaks
Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo. (Medcom.id/Sunnaholomi Halakrispen)
Jakarta: Beredar foto sejumlah anggota kepolisian dengan keterangan foto (caption) siap mendukung pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Polri memastikan keterangan foto itu bohong alias hoaks.

"Kita pastikan hoaks. Tidak ada (dukungan bagi kandidat Pilpres tertentu)," kata Karo Penmas Mabes Polri Brigjen Dedi Prasetyo di Kompleks Mabes Polri, Jakarta, Senin, 19 November 2018.


Dedi menegaskan, polisi netral dalam Pemilu, termasuk Pilpres 2019. Dedi mengatakan, sikap netral Polri selalu ditegaskan Kapolri Jenderal Tito Karnavian dalam setiap kesempatan 

Dedi tak menampik foto yang beredar memang benar merupakan sejumlah anggota polisi yang menggunakan peci berwarna putih. Namun, keterangan foto tidak sesuai dengan kondisi sebenarnya. 

Dedi menjelaskan, anggota polisi di foto itu sedang melakukan kegiatan rutin dalam rangka meningkatkan iman dan ketakwaan anggota Polri yang sedang melaksanakan pendidikan di Sekolah Polisi Negara (SPN) Polda Jawa Timur (Jatim). Kegiatan bukan hanya diikuti oleh anggota Polri beragama muslim, tapi juga agama lain. Program itu telah dilakukan oleh Polda Jatim sejak lama

"Dilaksanakan tiga hari dalam rangka betul-betul memiliki imam dam takwa sebelum menjalankan pekerjaan atau tugas saat menjadi anggota polisi," tutur Dedi.

Foto yang menampilkan sejumlah anggota polisi berseragam dinas menggunakan peci putih viral di Facebook sejak Senin, 12 November 2018. Keterangan dalam foto itu bertuliskan; Kami Polri siap mengawal suara Prabowo-Sandi di Pilpres 2019. Demi menjaga keamanan negara NKRI. Bagaimana pendukung Prabowo-Sandi apa siap mengawal suara 02 demi menuju perubahan.



(AGA)

metro tv
  • OpsiOpsi
  • kick andyKick Andy
  • economic challengesEconomic Challenges
  • 360360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id