Komisioner Bawaslu Fritz Edwar Siregar (paling kanan)--Medcom.id/Kautsar Widya Prabowo.
Komisioner Bawaslu Fritz Edwar Siregar (paling kanan)--Medcom.id/Kautsar Widya Prabowo.

1.395 TPS Bakal Melangsungkan Pemungutan Susulan

Pemilu pilpres 2019 pemilu serentak 2019
Kautsar Widya Prabowo • 17 April 2019 19:37
Jakarta: Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) mencatat terdapat ribuan tempat pemungutan suara (TPS) yang berpotensi melakukan pemungutan suara susulan. Hal tersebut karena berbagai kendala yang ditemui di lapangan.
 
Komisioner Bawaslu Fritz Edwar Siregar mengatakan ribuan TPS tersebut tersebar di seluruh Indonesia. Ada juga TPS yang harus melakukan pemungutan suara ulang (PSU).
 
"Saya mendapat kabar bahwa jumlah TPS yang akan dilakukan PSU ada 38 TPS. Sedangkan pemilu susulan berpotensi dilakukan di 1.395 TPS," ujar Fritz di Gedung Bawaslu, Jakarta Pusat, Rabu, 17 April 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Salah satu wilayah Indonesia yang menjalani PSU adalah adalah di wilayah Papua. Seperti di distrik Jayapura Selatan, kota Jayapura, dan Kabupaten Intan Jaya.
 
Menurutnya pangkal masalah dari pemungutan suara susulan dan ulang tersebut adalah terkait logistik. "Untuk logistik sudah disampaikan ada beberapa logisitik tertunda sehingga pemungutan suara ulang ataupun susulan," kata Fritz.
 
Selain itu pemungutan suara ulang dan susulan ini terjadi juga akibat masalah dari sisi pemilih. Menurutnya sejumlah pemilih tidak masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT), Daftar Pemilih Tambahan (DPTb), hingga tidak memiliki Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP).
 
"Kalau melihat tipografi dari usulan kenapa ada pemungutan suara ulang atau susulan bisa disampaikan misal di Nusa Tenggara Timur di Manggarai karena ada penggunaan form c6 orang lain atau di Minahasa, Sulawesi Utara ada pemilih yang tidak terdaftar DPT, DPTb dan tidak punya e-KTP," katanya.
 
Sebelumnya, pemungutan suara ulang terpaksa dilakukan di sejumlah kecamatan di Papua karena keterlambatan logistik. Selain itu, sejumlah tempat pemungutan suara (TPS) di Gowa, Sulawesi Selatan, juga dilakukan PSU karena ditemukan surat suara telah tercoblos.
 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif