Penjabat (Pj) Rais Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Miftachul Akhyar - Medcom.id/Amaluddin,
Penjabat (Pj) Rais Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Miftachul Akhyar - Medcom.id/Amaluddin,

PBNU Bakal Gelar Istigasah Nasional

Pemilu pbnu pilpres 2019
M Sholahadhin Azhar • 02 Januari 2019 14:34
Jakarta: Penjabat (Pj) Rais Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Miftachul Akhyar mengungkapkan pihaknya bakal mengadakan istigasah nasional dalam waktu dekat. Tradisi ini terakhir dilakukan saat Abdurrahman Wahid alias Gus Dur menjadi presiden.

"Kita bahas kemungkinan-kemungkinan kita akan adakan istigasah karena ini pesan kiai sepuh 'kapan PBNU ada istigasah'," kata Miftachul usai mengunjungi Ma'ruf Amin di Jalan Situbondo, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu, 2 Januari 2018.

Ma'ruf bakal menghadiri acara itu. Perhelatan akbar ini diagendakan berlangsung pada akhir Februari atau awal Maret 2019. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



"Jadi itu rencananya. Sambil doakan negara, negara rindu doa para sepuh dari daerah," kata Miftachul. (Baca juga: Ma'ruf dan PBNU Konsolidasikan Pemenangan Paslon 01)

Ia mengakui istigasah berdekatan dengan momen pemilihan presiden. Namun, Miftachul menyebut rencana istigasah sudah dilakukan sejak lama. 

Istigasah sengaja dilakukan usai acara hari lahir NU pada 26 Januari. Setelah peringatan hari lahir atau harlah, kata dia, biasa dilakukan peringatan kecil lainnya. 

"Kebetulan 16 rajab jadi Januari, terkenang. Itu sudah jadi hal normal di NU," tutur dia. 

Miftachul mengunjungi cawapres nomor urut 01 Ma'ruf Amin di kediamannya. Sejumlah hal dibahas dalam pertemuan tertutup itu. Ma'ruf mengaku dalam pertemuan salah satunya membahas konsolidasi dukungan.
 


(REN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi