Jokowi-Maruf Dibaca Menguasai Pulau Jawa
Direktur Eksekutif Median Rico Marbun. Foto: Medcom.id/Kautsar Widya Prabowo.
Jakarta:Penelitian Media Survei Nasional (Median) menyebut pasangan calon presiden dan calon wakil presiden Joko Widodo dan Ma’ruf Amin unggul di Pulau Jawa. Pasangan itu mendominasi setiap provinsi di Jawa.
 
"Jadi kalau kita melihat, dari 100 persen pemilih di pulau Jawa, 48,7 persen memilih Jokowi, dari 100 persen di pulau Jawa 32,8 persen memilih Prabowo," kata Direktur Eksekutif Median Rico Marbun, di Resto Bumbu Desa, Jakarta Pusat, Selasa, 27 November 2018.
 
Menurut dia, selisih elektabilitas Jokowi-Ma’ruf dengan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno mencapau 16,1 persen di Jawa. Sementara itu, selisih kemenangan Jokowi di luar Jawa sekitar tujuh persen.
 
Elektabilitas Jokowi-Ma’ruf juga kuat di kalangan pemilih, baik di kota dan desa. Pasangan itu mendapatkan dukungan 47,8 persen responden di desa dan 47,9 persen di kota.
 
Sementara itu, pasangan Prabowo-Sandi mendapat 33,2 persen dukungan responden di desa. Di kota, keduanya mendapatkan 38,7 persen responden.
 
"Di desa kemenangan Jokowi lebih besar 14,6 persen, sementara selisih kemenangan Jokowi terhadap Prabowo di kota 9,2 persen," imbuh dia.
 
Baca:Survei: 70,3% Pemilih Anggap Kondisi Ekonomi Baik

Rico menilai perkataan Jokowi lebih mudah dimengerti di kalangan warga desa. Di sisi lain, perkataan Prabowo sulit dipahami oleh warga desa, tetapi dimengerti warga kota.
 
"Bahasa Prabowo-Sandi dan timnya itu bahasa yang menurut saya perkotaan, terlalu tinggi. Visi misi gagasan mereka tidak kena di desa. Jokowi lebih jago," jelas dia.
 
Survei ini melibatkan 1.200 responden yang memiliki hak pilih. Sampel dipilih secara random dengan teknik multistage random samplingdan proposional atas populasi provinsi dan gender.
 
Jajak pendapat ini memiliki margin of errorsebesar +/- 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. Hasil survei menunjukkan dinamika politik selama masa pengambilan data, 4 sampai 16 November 2018.






(OGI)

metro tv
  • OpsiOpsi
  • kick andyKick Andy
  • economic challengesEconomic Challenges
  • 360360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id