Komisioner KPU Pramono Ubaid Tanthowi--Medcom.id/Kautsar Widya Prabowo.
Komisioner KPU Pramono Ubaid Tanthowi--Medcom.id/Kautsar Widya Prabowo.

Persiapan Debat Perdana Pilpres 99 Persen

Pemilu debat capres cawapres pilpres 2019
Kautsar Widya Prabowo • 16 Januari 2019 12:39
Jakarta: Komisi Pemilihan Umum (KPU) memastikan persiapan debat perdana yang berlangsung Kami,17 Januari 2019, akan segera rampung. Persiapan saat ini difokuskan pendataan daftar hadir undangan.
 
Komisioner KPU Pramono Ubaid Tanthowi menyatakan persiapan tersebut tengah didiskusikan dalam rapat KPU pagi ini. Diperkirakan kesiapan mencapai 99 persen.
 
"Pagi ini sedang berlangsung rapat, memastikan bahwa undangan itu sampai, kepastian apakah nama-nama yang diundang bisa menghadiri undangan kita," ujarnya di Kantor KPU, Jakarta Pusat, Kamis, 16 Januari 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain itu, KPU juga memastikan bahwa undangan yang disebar sesuai alamat yang dituju dan sudah diterima yang bersangkutan.
 
"Kita sampaikan nama-nama yang benar dan alamat yang benar, kita masih lakukan cek terakhir," imbuhnya.
 
Debat yang bakal dipandu moderator Ira Koesno dan Imam Priyono itu mengambil tempat di Birawa Assembly Hall, Hotel Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan.
 
Total ada 500 orang akan ikut memeriahkan debat. Terdiri atas 100 pendukung pasangan nomor 01 dan 02 serta 300 undangan dari KPU.
 
Untuk akses keluar masuk terdapat 10 pintu di bagian depan, samping, dan belakang ruangan. Selain itu, terdapat ruang transit untuk tamu VVIP di sisi kanan sebelum pintu masuk Birawa Assembly Hall.
 
Baca: Debat Kandidat Perlu Menyentuh Emosi Pemilih
 
Harga sewa fasilitas di Birawa Assembly Hall Hotel Bidakara sekitar Rp112 juta untuk minimal 300 undangan.
 
KPU juga berencana mengundang Presiden Ke-3 BJ Habibie, Presiden Ke-5 Megawati Soekarnoputri, dan Presiden Ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono. Para mantan wakil presiden seperti Try Sutrisno dan Hamzah Haz juga terdapat dalam daftar undangan.
 
"KPU berharap beliau-beliau sehat sehingga bisa hadiri undangan KPU. Pak Jusuf Kalla tentu saja kami undang juga, kan beliau wakil presiden," kata Wahyu.
 
KPU, masih kata Wahyu, juga mengundang tokoh dari berbagai latar belakang seperti akademisi, budayawan, pengusaha, tokoh pemuda, serta tokoh mahasiswa.
 
Bagi pendukung yang tidak bisa memasuki tempat penyelenggaraan debat, KPU telah menyiapkan fasilitas untuk menonton bareng di luar gedung yang lokasinya masih di sekitar hotel.
 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi