Surya Paloh Imbau Sosialisasi Pemilu 2019 Diperkuat

Sunnaholomi Halakrispen 05 November 2018 04:49 WIB
pilpres 2019Jokowi-Ma`ruf
Surya Paloh Imbau Sosialisasi Pemilu 2019 Diperkuat
Ketua Umum (Ketum) Partai Nasdem, Surya Paloh di Kantor DPW Partai Nasdem Provinsi Kalimantan Selatan. Foto: Dokumen istimewa.
Jakarta: Pemilu 2019 di Indonesia akan menjadi proses pemilu yang paling rumit di dunia lantaran dilakukan secara serentak untuk pemmilihan eksekutif dan legislatif. Lantaran demikian, Ketua Umum (Ketum) Partai Nasdem, Surya Paloh, berharap agar upaya sosialisasi lebih diperkuat.

"Harapan saya seharusnya sosialisasi diperkuat, tidak dalam keadaan yang tersendat-sendat. Saya melihat, mengkhawatirkan adanya kesimpangsiuran, ketidakpahaman, akan terjadi akibat pemilu yang bersamaan," ujar Surya Paloh di Kantor DPW Partai Nasdem Provinsi Kalimantan Selatan, Minggu, 4 November 2018.


Hal tersebut disampaikannya agar masyarakat paham betul sistem pemilu yang dilangsungkan untuk memilih presiden dan wakil presiden. Kemudian, anggota DPR RI, DPRD provinsi, anggota DPRD kabupaten/Kota, serta anggota DPD.

Surya memaparkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) sebaiknya membuka luas upaya sosialisasi tersebut. Jangan sampai membuat peraturan yang nantinya malah menjadi hambatan sosialisasi.

"Seharusnya KPU dan Bawaslu buka koridor seluas-luasnya. Jangan bermain-main dalam peraturan yang mempersempit sosialisasi. Ini potensial terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Waktu kita hanya lima bulan dan ini pertama kali pemilu serentak," paparnya.

Sosialisasi yang harus diperhatikan, di antaranya terkait bagaimana masyarakat menggunakan hak pilihnya. Jangan sampai akibat minimnya sosialisasi malah ada masyarakat yang tidak menggunakan hak pilihnya.

"Antusiasme masyarakat dalam ikut serta menggunakan hak pilihnya harus dijaga. Jangan hanya sekadar cari-cari kesalahan, spanduk salah pasang, masalah nomor urut, dan sebagainya. Tetapi ada yang lebih mendasar tidak dilakukan," tuturnya.

Kehadiran Surya Paloh ke Kalimantan sekaligus dalam rangkaian kegiatan orientasi calon legislatif (caleg) Partai Nasdem se-Kalimantan Tengah. Dalam kegiatan tersebut dihadiri lebih dari 300 caleg Nasdem se-Kalteng, mulai dari caleg DPR RI hingga DPRD Provinsi dan DPRD kabupaten/kota dari 14 kabupaten/kota yang ada di Kalteng.

Dalam agendanya sepanjang Minggu, 4 November 2018, Surya memimpin apel siaga Pemenangan Pemilu 2019 DPW partai Nasdem Provinsi Kalimantan Selatan. Selain itu, ia menghadiri sunatan massal di Rumah Sakit Almansyur Medika serta membuka orientasi dan konsolidasi Calon Legislatif (Caleg) DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota se-Kalimantan Selatan.
 



(HUS)

metro tv
  • OpsiOpsi
  • kick andyKick Andy
  • economic challengesEconomic Challenges
  • 360360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id