Debat Pilpres 2019 mempertemukan pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin dengan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Foto: MI/Ramdani.
Debat Pilpres 2019 mempertemukan pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin dengan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Foto: MI/Ramdani.

Testimoni Kepala Daerah Jadi 'Peluru' Jokowi

Pemilu debat capres cawapres pilpres 2019
Arga sumantri • 15 Februari 2019 17:29
Jakarta: Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin, Hasto Kristiyanto, menyebut jagoannya akan menampilkan testimoni sejumlah kepala daerah dalam debat kedua. Testimoni berisi sejumlah kebijakan Jokowi yang dirasakan di daerah.
 
"Testimoni bagaimana kebijakan-kebijakan energi, bagaimana kebijakan di bidang pangan, di bidang infrastruktur," kata Hasto di Posko Cemara, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat, 15 Februari 2019.
 
Menurut dia, Jokowi-Ma'ruf mendapat dukungan kepala daerah yang paling besar. Hasto meyakini testimoni sejumlah kepala daerah ini akan berdampak positif untuk menggalang suara pemilih, terutama kalangan yang belum menentukan pilihan. Pola ini dipercaya tidak menabrak aturan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Mereka dilibatkan karena mereka mendapat banyak manfaat dari sinergitas antara pemerintahan pusat dan daerah," papar Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDI Perjuangan itu.
 
Dari sisi substansi, Hasto memastikan Jokowi sudah siap melahap tema debat kedua. Mantan Wali Kota Solo itu diyakini tak bakal kesulitan menjalani debat kedua lantaran apa yang bakal dibahas merupakan hal-hal yang selama ini jadi prioritas Jokowi dalam menjalankan pemerintahan.
 
"Keseluruhan tema-tema sentral untuk membangun kedaulatan ekonomi kita akan ditopang oleh pembangunan yang makin progresif terkait dengan sumber daya manusia," ungkapnya.
 
Wakil Ketua TKN Jokowi-Ma'ruf Johnny G Plate mengatakan petahana akan fokus di empat sektor. Pertama, dia menekankan pada peta jalan terkait kebijakan energi. Jokowi juga menjelaskan konsep ketahanan pangan, kesinambungan pembangunan infrastruktur, dan pembangunan yang ramah lingkungan hidup.
 
"Kami yakini keempat sektor yang akan didebatkan nanti Pak Jokowi akan tampil prima dan memberi gambaran luas dan menyeluruh kepada bangsa," ucap Sekjen Partai NasDem itu.
 
Dari sisi teknis, Direktur Komunikasi Politik TKN Jokowi-Ma'ruf Usman Kansong menyatakan tak ada persiapan yang istimewa. Pasalnya, Jokowi sangat terbiasa dengan debat publik. Petahana hanya melakukan sedikit simulasi terkait konsep debat yang baru.
 
Baca: Erick: Debat Kedua Jokowi Banget
 
Usman mengatakan pada debat kedua nanti ada segmen 'debat bebas' calon presiden. Pada segmen ini, Jokowi dan Prabowo Subianto memiliki waktu sekitar 20 menit untuk saling menguatkan argumentasinya tentang tema yang dibahas.
 
"Pada kasus ini sebetulnya yang berperan penting adalah moderator. Dia yang mengatur, ibaratnya polisi lalu lintasnya," kata Usman.
 
Debat kedua Pilpres 2019 akan digelar di Hotel Sultan Jakarta, Minggu, 17 Februari 2019. Format debat antarcapres ini akan membahas isu sumber daya alam (SDA), lingkungan hidup, energi dan pangan serta infrastrutkur. Debat akan dipandu moderator Anisha Dasuki dan Tommy Tjokro.
 

 

(OGI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif