Pengamat terorisme Ridlwan Habib. (Foto: Metro TV)
Pengamat terorisme Ridlwan Habib. (Foto: Metro TV)

Penanggulangan Terorisme Era Jokowi Semakin Baik

Pemilu debat capres cawapres pilpres 2019
17 Januari 2019 16:25
Jakarta: Pengamat terorisme Ridlwan Habib menilai penanggulangan terorisme era Jokowi lebih baik dari pemerintahan sebelumnya. Secara statistik jumlah tersangka yang ditahan atau ditangkap jauh lebih baik ketimbang masa pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).
 
"Era Jokowi sangat kecil sekali kasus penangkapan yang berakhir dengan kematian teroris. Kasusnya ada tapi jumlahnya sedikit dan tidak signifikan," ujarnya melalui sambungan Skype dalam Metro Siang, Kamis, 17 Januari 2019.
 
Selain jumlah penangkapan, dari sisi regulasi pemerintahan Jokowi juga cukup terbantu dengan revisi Undang-undang (UU) Terorisme yang disahkan menjadi UU Nomor 5 Tahun 2018. Regulasi tersebut memungkinkan terduga teroris ditangkap berdasarkan bukti intelijen.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Dia juga tidak ditahan melainkan diperiksa selama 14 hari dan ini tentu akan mempermudah Densus 88 untuk mengembangkan ke kelompok lainnya," kata dia.
 
Selain itu sisi positif dari isu terorisme adalah kedua pasangan calon kompak. Baik Jokowi-Ma'ruf maupun Prabowo-Sandi menyadari bahwa terorisme adalah musuh bersama dan kubu penantang diyakini sangat mendukung upaya penanggulangan terorisme yang selama ini dilakukan Jokowi.
 
Hal menarik lainnya adalah publik menunggu gebrakan apa yang akan dilakukan oleh pasangan Prabowo-Sandi dalam penanggulangan terorisme. Terobosan ekstrem terkait hal ini akan sangat membantu kandidat menaikkan elektabilitas.
 
"Karena Jokowi kan mengedepankan dialog dan pencegahan persuasif ini masih kurang atau seperti apa. Kalau ada tawaran baru yang lebih keras seperti menembak mati langsung teroris kan menarik. Itu yang akan kita tunggu," ungkapnya.
Penanggulangan Terorisme Era Jokowi Semakin Baik
 

 

(MEL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif