Petugas KPU merakit kotak suara Pemilu. Antara/Feny Selly
Petugas KPU merakit kotak suara Pemilu. Antara/Feny Selly

KPU Baubau Rakit 2.333 Kotak Suara

Pemilu pileg pilpres 2019 pemilu serentak 2019
Antara • 11 Februari 2019 09:51
Kendari: Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra) telah menyelesaikan perakitan 2.333 kotak suara untuk Pemilihan Umum (Pemilu) 2019. Ketua KPU Baubau Edy Sabara memastikan tidak ada kotak suara yang rusak.
 
"Alhamdulillah tidak ada kerusakan pada Kotak Suara tersebut," ujar Edy Sabara seperti yang dilansir Antara, Senin, 11 Februari 2018.
 
Perakitan kotak suara berbahan karton kedap air (duplex) dikerjakan sepuluh orang selama tiga hari. Kotak suara tersebut akan menggantikan berbahan aluminium yang selama ini digunakan dalam Pilkada maupun Pemilu. Ia berharap kotak suara ini tidak menjadi polemik lagi di tengah masyarakat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Dengan logistik yang ada baik Kotak suara maupun bilik suara itu tidak usah kita polemikan karena itu diatur oleh Peraturan KPU yang diberikan kewenangan untuk membuat spesifikasi tersendiri oleh KPU RI," kata dia.
 
Kotak suara berbahan aluminium tidak bisa digunakan karena tidak transparan. Sementara syarat di dalam UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum, kotak suara harus transparan yang salah satu sisinya.
 
KPU RI masih mencetak surat suara. Pencetakan dan distribusi ke Baubau ditarget selesai Maret. "Awal bulan Maret sudah masuk di Kota Baubau untuk secepatnya dilakukan penyortiran dan pelipatan," ujarnya.
 

(SUR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif