Ahmad Sahroni memanfaatkan komunitas untuk mendulang suara. Foto: Istimewa
Ahmad Sahroni memanfaatkan komunitas untuk mendulang suara. Foto: Istimewa

NasDem Yakin Petahana Mampu Mendulang Suara

Pemilu pemilu serentak 2019
09 Januari 2019 12:27
Jakarta: Partai NasDem optimistis calon legislator petahana mampu mendulang suara di daerah pemilihannya pada Pemilihan Anggota Legislatif 2019. Tak terkecuali untuk di ibu kota, Jakarta.
 
Ketua Fraksi NasDem DPRD DKI Jakarta Bestari Barus menyatakan petahana dari Partai NasDem terbukti mampu merawat konstituennya. Beberapa bahkan membangun komunitas untuk membangun jaringan.
 
"Saya optimistis petahana bisa mendongkrak suara karena mereka sudah melayani masyarakat. Warga juga sudah mengetahui apa aksi yang sudah dilakukan para wakil rakyatnya," kata Bestari, saat dihubungi, Rabu, 9 Januari 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pada Pemilu 2014 NasDem hanya mampu menempatkan satu caleg di DPR, yakni Ahmad Sahroni. Saat ini Sahroni duduk sebagai anggota Komisi III DPR. Untuk di tingkat provinsi, NasDem mampu meraih lima kursi.
 
Keenam petahana itu, kata Bestari, harus bisa melipatgandakan perolehan suara di dapilnya. Apalagi DPW NasDem DKI Jakarta menargetkan meraih minimal satu kursi di masing-masing dapil. Baik itu di tingkat provinsi (10 dapil) maupun di tingkat pusat (tiga dapil).
 
"Kita juga berharap, di dapil yang sebelumnya sudah berhasil mendapat kursi, perolehannya bisa berlipat," kata dia.
 
Berbasis komunitas
 
Salah satu yang akan diintensifkan dalam mendulang suara, kata Bestari, adalah komunitas yang sudah dibentuk petahana. Semisal, komunitas Ahmad Sahroni Center (ASC) yang digawangi Ahmad Sahroni dan Sahabat Bestari Barus (SBB) yang ia gawangi sendiri.
 
Komunitas semacam itu, kata dia, efektif untuk menyosialisasikan visi dan misi kepada konstituen di daerah pemilihan. "Kenapa ASC dan SBB solid karena setelah terpilih kita tidak lupa. Kita tetap bersosialisasi minimal tiga bulan sekali. Berkegiatan, bertatap muka, hingga menampung aspirasi. Jadi bukan (tim) yang dadakan dan dipakai sekali," kata dia.
 
Bestari berharap caleg yang baru juga melakukan hal yang sama untuk bisa memelihara konstituen. "Semakin banyak komunitas, maka semakin mudah menyosialisasikan program," ujarnya.
 
Terpisah, Ahmad Sahroni menyatakan ASC merupakan mesin politiknya untuk bertarung di Dapil III Jakarta yang meliputi Jakarta Utara, Jakarta Barat, dan Kepulauan Seribu. "ASC bukan hanya garda terdepan saya agar lebih dekat dan tak melupakan konstituen, tetapi juga menjadi mesin penggerak memperkenalkan para caleg DPRD DKI," kata dia.
 
Sahroni berharap mesin politiknya juga bisa menguntungkan caleg lain di dapilnya, terutama bagi caleg DPRD. "Semakin banyaknya kursi diraih, aspirasi NasDem untuk perbaikan Jakarta semakin tersuarakan," kata dia.
 
Beberapa caleg NasDem yang mendapat dukungan mesin politik ASC antara lain Ketua ASC Imamuddin, Sekretaris ASC Tabroni, dan Likke Rae. Ketiganya maju sebagai caleg DPRD untuk daerah pemilihan Jakarta Utara.
 
Untuk dapil Jakarta Barat, sejumlah caleg DPRD yang turut mendapat dukungan tim ASC adalah Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) NasDem Jakarta Barat Abdul Azis Muslim, Yane Yunarni, Agustinus Lomboan, Yon Samelly, dan Jupiter.
 


 

(UWA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif