Pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden Joko Widodo (kiri) dan Ma'ruf Amin (kanan). Foto: Antara/Hafidz Mubarak.
Pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden Joko Widodo (kiri) dan Ma'ruf Amin (kanan). Foto: Antara/Hafidz Mubarak.

Perempuan, Milenial, dan Pemilih Islam Condong ke Jokowi

Pemilu pilpres 2019
07 Desember 2018 10:00
Jakarta: Pasangan calon presiden Jokowi-Ma`ruf diprediksi menang mudah di Pilpres 2019. Hal itu terlihat dari hasil survei yang dilakukan Indonesia Elections and Strategic (indEX) Research.
 
“Jokowi-Ma’ruf unggul pada tiga segmen yaitu pemilih perempuan dengan dukungan 57,8 persen, pemilih milenial 54,1 persen, dan pemilih Islam 53,7 persen,” kata Direktur Eksekutif indEX Research, Vivin Sri Wahyuni dalam keterangan tertulisnya, Jumat, 7 Desemember 2018.
 
Prabowo-Sandi disebut hanya unggul pada segmen pemilih terpelajar dengan dukungan 43,2 persen, terpaut tipis dengan Jokowi-Ma’ruf 41,5 persen.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dengan penampilan ganteng dan bergaya trendy, cawapres Sandiaga Uno yakin kubunya bakal mendulang dukungan dari segmen pemilih perempuan dan milenial. Hal tersebut dikontraskan dengan figur cawapres Kiai Ma’ruf yang usianya lebih tua dan berlatar belakang ulama konservatif.
 
“Gimmick semacam itu tidak terbukti efektif merebut hati pemilih perempuan dan milenial. Kegagalan Prabowo-Sandi menggaet dukungan ulama juga menggerus dukungan pada segmen pemilih Islam,” kata Vivin.
 
Dia mengungkapkan kubu Jokowi yang memilih mengambil figur ulama sebagai cawapres lebih berhasil merebut dukungan pemilih Islam. Kiai Ma’ruf merupakan ulama senior Nahdlatul Ulama (NU), organisasi masyarakat (ormas) Islam terbesar di Indonesia.
 
Temuan Survei indEX Research
 
Dari hasil survei, elektabilitas paslon Jokowi-Ma’ruf unggul jauh dengan raihan 54,6 persen sedangkan Prabowo-Sandi hanya 30,6 persen. Jokowi-Ma’ruf juga meraup dukungan di hampir semua pulau, termasuk Jawa (56,7 persen).
 
Satu-satunya pulau yang dimenangkan kubu Prabowo-Sandi hanya Sumatera (43,3 persen), terpaut tipis dari Jokowi-Ma’ruf dengan dukungan 41,6 persen.
 
Elektabilitas partai-partai politik (parpol) pendukung Jokowi-Ma’ruf juga berpeluang meningkat dibandingkan hasil pemilu legislatif (Pileg) 2014.
 
Baca: Elektabilitas Jokowi di Sumbar Jadi Sorotan
 
PDI Perjuangan berada pada urutan pertama dengan elektabilitas 23,1 persen. Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dengan elektabilitas 7,3 persen menggeser Demokrat ke posisi kelima yaitu sebesar 5,4 persen.
 
Di kubu Prabowo-Sandi, coattail effect hanya dirasakan oleh Gerindra dengan elektabilitas 12,3 persen. Gerindra berpeluang menggeser Golkar yang terpaut tipis 12,8 persen dengan memperhitungkan margin of error.
 
Di antara parpol baru dan non-seat, hanya Perindo dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI) yang berpeluang menembus ambang batas parlemen (parliamentary threshold) sebesar 4 persen.
 
Survei indEX Research dilakukan pada 11-20 November 2018, dengan jumlah responden 1200 orang. Metode survei adalah multistage random sampling dengan margin of error ±2,9 persen dan pada tingkat kepercayaan 95 persen.
 

 
Berikut adalah hasil lengkap segmen dukungan paslon pada Pilpres 2019:
 
Perempuan
 
Jokowi-Ma’ruf 57,8%
Prabowo-Sandi 27,9%
Tidak tahu/tidak jawab 14,3%
 
Milenial
 
Jokowi-Ma’ruf 54,1%
Prabowo-Sandi 30,1%
Tidak tahu/tidak jawab 15,8%
 
Islam
 
Jokowi-Ma’ruf 53,7%
Prabowo-Sandi 32,9%
Tidak tahu/tidak jawab 13,4%
 
Terpelajar
 
Jokowi-Ma’ruf 41,5%
Prabowo-Sandi 43,2%
Tidak tahu/tidak jawab 15,3%
 

(FZN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif