Komisioner KPU Viryan Azis. Foto: Medcom.id/Siti Yona Hukmana
Komisioner KPU Viryan Azis. Foto: Medcom.id/Siti Yona Hukmana

KPU Sebut Keadilan Tak Bisa Diraih dari Jalanan

Pemilu Demo Massa Penolak Pemilu
Faisal Abdalla • 22 Mei 2019 14:56
Jakarta: Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyarankan kepada semua pihak yang merasa dirugikan atas hasil pemilu agar menempuh jalur pengadilan. Keadilan pemilu tak bisa diraih dari jalanan.
 
Komisioner KPU, Viryan Azis menghormati aspirasi yang disampaikan massa. Namun, semakin baik jika aspirasi itu disalurkan lewat jalur hukum yang tersedia.
 
"Yang diinginkan oleh masyarakat yang berunjuk rasa itu kan keadilan pemilu. Jadi mendapatkan keadilan pemilu atau keadilan dalam demokrasi itu tidak akan selesai lewat aksi-aksi jalanan," kata Viryan di Gedung KPU, Jakarta, Rabu, 22 Mei 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Viryan mengatakan saluran yang tepat untuk memperjuangkan keadilan pemilu adalah melalui Mahkamah Konstitusi (MK). Dia mempersilakan semua pihak yang tak puas dengan penetapan hasil pemilu agar mengajukan sengketa perselisihan hasil pemilu (PHPU) ke MK.
 
Peserta pemilu diberi waktu 3×24 jam untuk mengajukan PHPU ke MK pascapenetapan hasil pemilu pada Selasa, 21 Mei 2019. Jika tidak ada yang mengajukan PHPU, KPU akan menetapkan calon terpilih berdasarkan hasil tersebut.
 
"Kami sangat mengapresiasi dan menghormati langkah yang diambil seluruh peserta pemilu yang menduga, yang merasa, yang melihat, yang memiliki bukti bahwa dalam proses pemungutan serta penghitungan suara, serta rekap, terdapat dugaan-dugaan kecurangan," ujarnya.
 
Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah resmi menetapkan hasil rekapitulasi nasional perolehan suara Pemilu 2019. Hasilnya, pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 01, Joko Widodo-Ma'ruf Amin unggul.
 
Jokowi-Ma'ruf memperoleh 85.607.362 (55,50 persen) suara. Sementara itu, Prabowo-Sandi memperoleh 68.650.239 (44,50 persen) suara.
 
Hasil rekap ini tertuang dalam Surat Keputusan (SK) KPU nomor 987/PL.01.8-KPT/06/KPU/V/2019 Tentang Penetapan Hasil Pemilu Presiden dan Wakil Presiden Serta DPR, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten/Kota Secara Nasional dalam Pemilu 2019. SK ditetapkan pukul 01.46 WIB.
 

(AZF)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif