Rapat tingkat menteri mengenai Permasalahan Pasca Pemungutan Suara Pemilu 2019. Foto: Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez.
Rapat tingkat menteri mengenai Permasalahan Pasca Pemungutan Suara Pemilu 2019. Foto: Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez.

Kabinet Kerja Mengulik Masalah Pemungutan Suara

Pemilu pemilu serentak 2019
Fachri Audhia Hafiez • 24 April 2019 11:44
Jakarta: Sejumlah menteri Kabinet Kerja Joko Widodo-Jusuf Kalla menggelar rapat koordinasi khusus (rakorsus) usai (Pemilihan Umum) Pemilu Serentak 2019. Rapat kali ini fokus pada permasalahan setelah pemungutan suara Pemilu 2019.
 
Peserta rapat ini di antaranya Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo dan Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko. Ada pula beberapa perwakilan dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham), Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), serta Kejaksaan Agung.
 
"Hari ini kita melakukan koordinasi tentang hal apa yang harus kita lakukan untuk bisa menjaga agar damai. Ini berlanjut sampai nanti hasil pemilu diumumkan selambatnya pada 22 Mei 2019," kata Wiranto di Ruang Parikesit Kemenko Polhukam, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Rabu, 24 April 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Wiranto mengatakan rapat akan membahas sejumlah hal terkait permasalahan pemilu. Ini menyangkut masalah hoaks atau berita bohong, tuduhan, konspirasi, kecurangan pemilu, dan sebagainya.
 
"Hari ini saya minta partisipasi dari saudara sekalian untuk dapat melengkapi. Kita ambil hal-hal untuk kita dapat ambil kesimpulan (mengenai permasalahan pemilu) dalam rapat koordinasi ini," ujar Wiranto.
 
Baca: Jumlah Petugas KPPS Gugur di Jatim Bertambah
 
Di sisi lain, Wiranto meminta agar pemerintah dan masyarakat mengawal jalannya proses penghitungan suara yang dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). Saat ini, KPU rawan mendapatkan intervensi yang berpotensi mengganggu aktivitas penyelenggara pemilu itu.
 
"Kita kawal dengan baik amankan dari segala intervensi yang menggangu aktivitas petugas KPU baik di daerah maupun di pusat," tegas Wiranto.
 
Sebelumnya, Kemenko Polhukam turut menggelar rapat terkait pemilu. Selain menteri, hadir pula Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, dan Kapolri Jenderal Tito Karnavian. Rapat yang digelar Kamis, 18 April 2019, itu terkait persiapan pengamanan setelah pemungutan suara Pemilu Serentak 2019.
 

(OGI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif