Konfrensi pers Ikatan Pilot Indonesia (IPI) - Medcom.id/Candra Yuri Nuralam.
Konfrensi pers Ikatan Pilot Indonesia (IPI) - Medcom.id/Candra Yuri Nuralam.

Ikatan Pilot Indonesia Tak Perkarakan Penyebar Hoaks

Pemilu pilpres 2019 hoax
Candra Yuri Nuralam • 02 Januari 2019 13:34
Jakarta: Ikatan Pilot Indonesia (IPI) tak memperkarakan penyebar hoaks dukungan IPI terhadap Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. IPI memilih melakukan klarifikasi agar masyarakat tak mendapat informasi yang salah. 

"Kami tidak bawa ke sana, kami hanya melakukan langkah pencegahan dan mengonfirmasi kebenaran foto itu tidak terjadi, siapa pun bisa membuat hoaks," kata Ketua Ikatan Pilot Indonesia Rama Noya dalam konferensi pers di Gedung Ghaha Dirgantara Jalan Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur, Rabu, 2  Januari 2019.

Rama menegaskan IPI bersikap netral dalam Pilpres 2019. Lagipula, kata dia, pilihan politik merupakan sikap pribadi masing-masing individu. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



Dia menyebut bila ada pilot yang menyalahgunakan nama organisasi untuk mendukung salah satu calon maka bakal ada tindakan tegas.  (Baca juga: Dukungan Ikatan Pilot ke Prabowo-Sandi Hoaks)

"Sanksinya banyak namun nanti yang memberikan dewan kehormatan, bisa skorsing sampai pemecatan," tutur Rama.

Sebelumnya beredar foto di media sosial yang menyebut dukungan untuk paslon nomor urut 02 dari Ikatan Pilot Indonesia. Hal itu langsung diklarifikasi. 

Rama menegaskan tak ada dukungan untuk Prabowo-Sandi. Memang benar dalam foto ada seorang pilot tapi foto yang beredar bukan dalam rangka deklarasi dukungan . 

"Yang bersangkutan sudah mengonfirmasi kejadian sebenarnya. Kita tidak ambil pusing dan benar itu hoaks," pungkas dia. 




(REN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi