Petugas Badan Pengawas Pemilu (Banwaslu) Kota Administratif Jakarta Pusat menunjukan barang bukti berupa dua buah kardus yang berisikan formulir C1 dan salinan formulir C1 di gedung Bawaslu Jakarta Pusat. (Foto: MI/Pius Erlangga)
Petugas Badan Pengawas Pemilu (Banwaslu) Kota Administratif Jakarta Pusat menunjukan barang bukti berupa dua buah kardus yang berisikan formulir C1 dan salinan formulir C1 di gedung Bawaslu Jakarta Pusat. (Foto: MI/Pius Erlangga)

Bawaslu Fokus Periksa Sopir Pembawa Formulir C1 Boyolali

Pemilu pilpres 2019 pemilu serentak 2019
Antara • 07 Mei 2019 14:12
Jakarta: Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jakarta Pusat berencana menggelar rapat guna membahas perkembangan penyelidikan temuan ribuan formulir C1 asal Jawa Tengah oleh Polres Jakarta Pusat di Kawasan Menteng, Jakarta Pusat, pada Sabtu, 4 Mei 2019.
 
"Rencananya kita akan mengadakan rapat dengan seluruh tim Bawaslu Jakarta Pusat. Kalau tidak siang ya sore hari ini karena teman-teman sekarang sedang ada rekap juga di hotel," kata Komisioner Bawaslu Jakarta Pusat Roy Sofia Fatra Sinaga, melansir Antara, Selasa, 7 Mei 2019.
 
Roy mengatakan rapat nantinya akan difokuskan pada pembahasan pihak-pihak yang akan dimintai keterangan dan klarifikasi terkait temuan. Menurut dia, pihaknya akan menelusuri dan mendalami kasus tersebut, terutama terhadap sopir yang diminta mengantar dua kardus berisi formulir C1.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Jadi kita akan klarifikasi semua itu. Nanti kita akan mengajukan klarifikasi dengan sopir dan pihak lain-lain. Masih perlu dirapatkan," ungkapnya.
 
Baca juga:Polisi: Pemeriksaan Formulir C1 Boyolali Ranah Bawaslu
 
Lebih lanjut, Roy menyebut Bawaslu Jakarta Pusat juga akan melakukan koordinasi dengan KPU RI dan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di Grobogan, Karanganyar, Blora, Temanggung, Batang, Tegal, Cilacap, Brebes, Semarang, Sragen, Banjarnegara, dan Boyolali yang merupakan tempat asal dokumen serta mendalami keaslian formulir C1 tersebut.
 
"Untuk membuktikan harus koordinasi dengan KPPS setempat yaitu beberapa TPS di Jawa Tengah, apakah saksi-saksi tersebut namanya sama atau tanda tangannya sama," jelas
Roy.
 
Sebelumnya, Polres Jakarta Pusat menyita dua kardus berwarna coklat dan putih yang berisi ribuan formulir C1 asal TPS Jawa Tengah. Temuan itu ditujukan kepada Toto Utomo Budi Santoso selaku Direktur Satgas BPN PS yang beralamat di Jalan Kertanegara Nomor 36 Jakarta Selatan serta atas nama Moh Taufik Seknas Prabowo-Sandi di Jalan HOS Cokro Aminoto Nomor 93 Menteng, Jakarta Pusat. Kedua kardus masing-masing berisi 2.006 dan 1.761 formulir C1 dan diamankan di Jalan Besuki, Menteng, Jakarta Pusat.
 
"Kita dapat informasi awal dari Polres Jakarta Pusat bahwa pada Sabtu pukul 10.30 WIB di Jalan Besuki ada Daihatsu Sigra yang melanggar lalu lintas, pas diperiksa dengan polisi lalu lintas dicurigai ada dua kardus yang berisi tentang pemilu," kata Roy.
 
Roy menambahkan Bawaslu Jakarta Pusat telah melakukan serah terima kedua kotak tersebut dengan Polres Jakarta Pusat pada Minggu. "Nanti kita lihat apakah ini pidana pemilu atau umum," tutup Roy.
 

(MEL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif