Ketua Komisi Pengaduan Dewan Pers Imam Wahyudi. Medcom.id/ Theofilus Ifan Sucipto.
Ketua Komisi Pengaduan Dewan Pers Imam Wahyudi. Medcom.id/ Theofilus Ifan Sucipto.

Dewan Pers Bakal Proses Aduan TKN Terkait Tirto

Pemilu pilpres 2019
Theofilus Ifan Sucipto • 19 Maret 2019 23:06
Jakarta: Dewan Pers bakal membentuk tim analis untuk mempelajari lebih lanjut aduan Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf terkait meme yang dibuat dan disebarkan oleh media daring Tirto.id.
 
"Kami akan menugaskan para analis untuk menganalisis produk yang diadukan dan memanggil teradu (Tirto) untuk melakukan klarifikasi," kata Ketua Komisi Pengaduan Dewan Pers Imam Wahyudi di Gedung Pers, Jakarta Pusat, Selasa 19 Maret 2019.
 
Dewan Pers bakal menggali lebih jauh meme yang dibuat Tirto seperti latar belakang dan proses pembuatan meme. Imam mengatakan tim analis akan memberi penilaian dan rekomendasi untuk penyelesaian kasus tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Imam juga mengimbau kasus meme ini menjadi pendorong bagi pers agar menghasilkan produk yang bener-benar layak dan patut dipublikasikan. Tujuannya, kata dia, agar kejadian ini tidak kembali terulang di masa mendatang.
 
Sebelumnya Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf Amin melaporkan Tirto, salah satu media daring ke dewan pers. Laporan diajukan berdasarkan meme yang dibuat Tirto yang berisi potongan pernyataan Ma'ruf Amin saat debat cawapres Minggu, 17 Maret lalu.
 
Dalam debat cawapres, pernyataan utuh Ma'ruf adalah 'Kami juga mengajak kita semua untuk melawan dan memerangi hoaks. Karena hoaks merusak tatanan bangsa indonesia. Melawan dan memerangi fitnah, seperti kalau Jokowi terpilih kementerian agama dibubarkan, kementerian agama dilarang, azan dilarang, zina dilegalisir. Saya bersumpah demi Allah, selama hidup saya akan saya lawan upaya-upaya untuk melakukan itu semua'.
 
Kalimat itu dimaksudkan untuk mencontohkan bentuk-bentuk hoaks yang bakal dilawan. Namun Tirto memotong kalimat itu dan yang dikutip hanya 'zina bisa dilegalisir'
 
Selain itu tokoh fiktif Pak Tirto menanggapinya dengan menulis 'oke gaes jangan lupa kedepannya sedia kondom dan cap 3 jari yes!"

 

(SCI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif