Diskusi 'Menuju Pemilu Bermutu' - Medcom.id/Whisnu Mardiansyah.
Diskusi 'Menuju Pemilu Bermutu' - Medcom.id/Whisnu Mardiansyah.

Keberpihakan Tokoh Publik di Pilpres Dinilai Berdampak Negatif

Pemilu pilpres 2019
Whisnu Mardiansyah • 05 Januari 2019 14:56
Jakarta: Rivalitas dua pasangan calon di Pemilu 2019 diprediksi akan semakin meruncing. Penyebabnya, semakin mudah tokoh publik menyatakan keberpihakan secara terbuka.
 
Rektor Universitas Paramadina Profesor Firmansyah menyebut salah satu prinsip pemilu bersifat rahasia mulai ditinggalkan. Tokoh-tokoh yang memiliki pengaruh di masyarakat semakin mudah menyatakan keberpihakan kepada salah satu calon.
 
"Perlu lita cermati kembali. Sangat mudahnya pihak seharusnya tidak menampilkan keberpihakannya ke publik. Sehingga mengakselerasi iklim kontestasi rivalitas," kata Firmansyah dalam diskusi 'Menuju Pemilu Bermutu' di kawasan Jakarta Pusat, Sabtu, 5 Januari 2018.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Firman menyebut tidak semua tokoh publik bisa mengutarakan keberpihakan di pilpres. Mereka berperan sebagai penengah di tengah polarisasi masyarakat yang semakin meruncing.
 
"Kalau mereka masuk ke kubangan politk siapa lagi yang menjaga masyarakat. Ada kecenderungan ingin menunjukkan keberpihakan ke publik itu keren. Padahal excessnya negatif," jelas Firman.
 
(Baca juga:Polarisasi Politik Ciptakan Masyarakat Sensitif)
 
Ia menambahkan, salah satu prinsip yang harus dijunjung tinggi dalam pemilu memiliki sifat kerelaan dan legawa siap menang dan siap kalah. Bukan saja untuk pasangan calon tetapi juga untuk para pendukung.
 
Jika prinsip ini diterapkan ditambah prinsip langsung, umum, bebas dan rahasia (LUBER), dia yakin, pemilu berjalan kondusif. Polarisasi masyarakat dan sekat antara pendukung pasangan calon akan berakhir.
 
"Dia jangan jadi pemimpin untuk pendukungnya tapi untuk semua masyarakat," pungkas dia.
 

 

(REN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif