Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman (kanan). Foto: Medcom.id/Siti Yona Hukmana
Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman (kanan). Foto: Medcom.id/Siti Yona Hukmana

Logistik Pemilu Siap Didistribusikan ke 130 Negara

Pemilu pilpres 2019 pemilu serentak 2019
Siti Yona Hukmana • 17 Februari 2019 10:48
Tangerang: Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI selesai mencetak logistik pemilihan umum (Pemilu) 2019 untuk luar negeri. Logistik surat suara itu akan dikirim ke 130 negara di lima benua.
 
Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman mengatakan, surat suara dikirim secara bertahap. Tahap pertama dikirim ke Afrika dan Amerika Latin pada Minggu, 17 Februari 2019.
 
Surat suara didistribusikan ke Meksiko, Songota, Aljer, Pontawa, Panama, Adisabab, Abuja, Winduk, Brazilia, Tunis, Hafana, Karakas, dan Harare.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Ini udah di sil, maka tidak akan dibongkar oleh petugas bandara," kata Arief di gudang logistik KPU, Komplek Pergudangan Zoodia, Jalan Husein Sastranegara, Kota Tangerang, Minggu, 17 Februari 2019.
 
Pengiriman kedua dilakukan pada 18 - 19 Februari ke Amerika dan Asia. Kemudian 20 Februari ke Timur Tengah. 21 - 22 Februari ke Pasific, 22 - 25 Februari ke Eropa dan sebagian Asia.
 
Arief berharap pengiriman ke-130 negara itu berjalan lancar. Sebab, logistik surat suara sangat penting dalamPemilu 2019.
 
"Bukan hanya strategi waktu pengiriman yang penting, tapi juga strategi penyimpanan. Begitu sampai di sana ,teman-teman perwakilan di 130 negara harus betul-betul memperhatikan aspek pengiriman. Jangan sampai logistik itu tidak bisa dipergunakan sebagaimana mestinya," ungkap Arief.
 
Ia menegaskan logistik surat suara bukan sekadar barang. Surat suara merupakan penentu kursi pada ajang pilpres dan pemilihan legislatif (pileg).
 
"Logistik itu menjadi media untuk mentransfer suara pemilih menjadi kursi, kalau surat suara tidak bagus, tidak baik, tidak tepat jumlahnya, kualitasnya, distribusinya maka menjadu masalah," ujarnya.
 
Baca: KPU Pusat dan Daerah Silang Pendapat Soal Surat Suara
 
Wakil Menteri Luar Negeri (Wamenlu) RI Abdurrahman Mohammad Fachri berterima kasih kepada KPU. Menurut dia, kerja sama Kementerian Dalam Negeri dengan KPU dalam penyelenggaraan pemilu berjalan dengan baik dan lancar.
 
"Saya menyampaikan bahwa dengan kerja sama yang baik ini, maka kita pada hari ini memulai pengiriman logistik pertama. Ini penting karena sesuai dengan jadwal yang kita tetapkan bersama," ucapnya.
 
Dia merincikan, ada 2.058.191 daftar pemilih tetap (DPT) yang akan mencoblos di 130 negara. Pemilih laki-laki sebanyak 902.727 dan perempuan 1.155.464.
 
"Kemudian, ada 783 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di 130 panitia pemilih luar negeri (PPLN)," ujar Fachri.
 

(FZN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif