Calon wakil presiden nomor urut 02 Sandiaga Uno - Medcom.id/Candra Yuri Nuralam
Calon wakil presiden nomor urut 02 Sandiaga Uno - Medcom.id/Candra Yuri Nuralam

Sandi: Biaya Kampanye Kebanyakan dari Relawan

Pemilu pilpres 2019 Prabowo-Sandi
Candra Yuri Nuralam • 08 Januari 2019 09:10
Jakarta: Calon wakil presiden nomor urut 02 Sandiaga Uno mengklaim biaya kampanye yang dikeluarkan selama ini berasal dari relawan. Dia mendapat dana ketika keliling kampanye.
 
Sandi menyebut sejak Agustus 2018 hingga Januari 2019 sudah menyambangi 1.000 titik di Indonesia. Ketika berkeliling dia mendapat sumbangan dari relawan.
 
“Tapi ini mungkin hanya 1/10 atau 1/8 dari total biaya karena hampir mayoritas dari kunjungan kami dibiayai oleh para relawan,” kata Sandiaga di Jakarta, Senin, 7 Januari 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia menyebut relawan menyiapkan panggung dan kursi di tempat acara. Ini, kata dia, menjadi penghemat anggaran kampanye.
 
“Relawan ini yang dengan sukarela merancang acara dan menyiapkan panggung serta kursi, ini saatnya kami berterima kasih juga disyukuran ini kepada masyarakat yang sudah antusias menyambut kami,” tutur Sandi.
 
(Baca juga:70 Persen Dana Kampanye Prabowo dari Sandiaga)
 
Badan Pemenangan Nasional (BPN) pasangan calon presiden dan wakil presiden Prabowo Subianto-Sandiaga Uno menyerahkan laporan penerimaan sumbangan dana kampanye (LPSDK) ke Komisi Pemilihan Umum (KPU). Sebagian besar dana kampanye dikeluarkan Sandiaga.
 
"Kalau di-breakdowntentu yang paling banyak adalah Pak Sandi, sekitar 70 persen. Setelah itu Pak Prabowo di sekitar 30 persen," kata Bendahara BPN Prabowo-Sandi, Thomas Djiwandono, di Gedung KPU, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu, 2 Januari 2019.
 
Thomas mengatakan total dana kampanye Prabowo-Sandi sebesar Rp54 miliar. Hingga kini, belum ada badan usaha yang menyumbang ke Tim Sukses Prabowo-Sandi.
 
Meski demikian, Thomas mengeklaim pihaknya banyak menerima sumbangan dari masyarakat perorangan. Jumlah dana yang disumbangkan masyarakat bervariasi.
 
(Baca juga:Demokrat Ogah Memikirkan Dana Kampanye Prabowo-Sandi)
 

 

(REN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi