Presiden Joko Widodo bertemu Komandan Kogasma Agus Harimurti Yudhoyono. MI/Ramdani.
Presiden Joko Widodo bertemu Komandan Kogasma Agus Harimurti Yudhoyono. MI/Ramdani.

Amir Syamsuddin: Demokrat Berpeluang Menyeberang

Pemilu partai demokrat
Whisnu Mardiansyah • 03 Mei 2019 17:06
Jakarta: Ketua Dewan Kehormatan Partai Demokrat Amir Syamsudin menyambut positif pertemuan Ketua Komando Tugas Bersama (Kogasma) Agus Harimurti Yudhoyono dengan Presiden Joko Widodo. Pertemuan itu membuka peluang Partai Demokrat menyeberang ke koalisi capres petahana.
 
"Ya dialog itu bagus, pertemuan itu jelas bagus dan saya kira tidak ada yang salah ya di politik, itu tentunya membuka peluang," kata Amir saat dihubungi Medcom.id, Jumat 3 Mei 2019.
 
Baca: Puan Memastikan Pertemuan Jokowi-AHY Sebatas Silaturahmi

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Mantan Menteri Hukum dan HAM itu enggan berspekulasi tentang pembahasan dalam pertemuan AHY dengan Jokowi. Satu catatan penting, pertemuan setidaknya meredam tensi politik antara kedua kubu pasangan capres.
 
Amir menilai tak mungkin pertemuan itu membahas kemungkinan kursi untuk AHY. Saat ini, Partai Demokrat masih fokus mengawal proses pemilu hingga pengumuman resmi KPU pada 22 Mei.
 
"Terlalu dini membicarakan posisi yang Anda tanyakan di posisi yang sekarang ini," ucap Amir.
 
Ia menambahkan Partai Demokrat tak menutup pintu berkoalisi dengan siapa pun. Hubungan personal Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dengan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarno Putri yang masih dingin bukan penghalang bersatunya kedua partai.
 
"Politik itu kan dinamis ya, tidak bisa kita, politik itu adalah harga mati, tidak boleh," pungkasnya.
 
Baca: SBY: Rekonsiliasi Harus Dikedepankan
 
Agus Harimurti Yudhoyono menemui Jokowi di Istana Kepresidenan, Kamis, 2 Mei 2019. Ia mengaku diundang presiden untuk bertemu. Agus mengaku berbincang banyak hal dengan Presiden Jokowi. Ada banyak gagasan dan pemikiran yang disampaikan untuk mewujudkan demokrasi dan Indonesia yang semakin baik.
 
"Tentunya kita harus terus bertukar pikiran dan juga saling memberikan masukan yang baik dan positif," kata Agus usai pertemuan di Istana Kepresidenan.
 

(DRI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif