Ketua KPU Arief Budiman. Foto: Medcom.id/Faisal Abdalla.
Ketua KPU Arief Budiman. Foto: Medcom.id/Faisal Abdalla.

Daftar Pertanyaan Debat Cawapres Diserahkan Sore Ini

Pemilu debat capres cawapres pilpres 2019
Faisal Abdalla • 17 Maret 2019 13:29
Jakarta: Komisi Pemilihan Umum (KPU) menjamin kerahasiaan daftar pertanyaan debat ketiga Pilpres 2019. Daftar pertanyaan bahkan baru diserahkan jelang pelaksanaan debat.
 
"Soal baru akan diserahkan pukul 16.00," kata Ketua KPU Arief Budiman di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu, 17 Maret 2019.
 
Arief mengatakan soal baru diserahkan beberapa jam sebelum pertanyaan debat untuk menghindari kecurigaan-kecurigaan KPU membocorkan soal ke pihak tertentu. Arief menjamin kerahasiaan soal debat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sembilan panelis menyusun lima pertanyaan untuk masing-masing tema. Adapun tema yang diangkat dalam debat antarcawapres ini adalah pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, sosial dan budaya. "Tapi tidak ditanyakan semua, hanya satu yang ditanyakan," ujar Arief.
 
Pada debat kali ini juga, kedua kandidat akan diberi pertanyaan yang sama. Format ini baru dilakukan pada debat ketiga kali ini.
 
"Ini masukan dari Badan Pemenangan Nasional (BPN) dan Tim Kampanye Nasional (TKN), sangat memungkinkan bahwa pola ini digunakan," ujar Arief.
 
Baca: Menkes, Mendikbud, dan Mensos Diundang Saksikan Debat Cawapres
 
Komisioner KPU, Wahyu Setiawan pernah menyebut alasan KPU memberlakukan pertanyaan yang sama untuk kedua kandidat, agar masyarakat mudah membandingkan gagasan kedua kandidat.
 
"Jadi kandidat itu mendapat pertanyaan yang sama, yang berbeda adalah waktu menjawabnya lebih duluan mana. Itu diundi, maksudnya supaya masyarakat itu mengukurnya mudah. Kalau pertanyaan berbeda maka bagaimana masyarakat bisa memperbandingkan. Ini salah satu hasil evaluasi kita dari debat kedua lalu," jelas Wahyu di Epicentrum XXI, Jumat, 15 Maret 2019.
 
Debat ketiga Pilpres 2019 akan digelar malam ini, pukul 20.00 WIB. Debat hanya akan mempertemukan dua calon wakil presiden, yaitu cawapres 01, Ma'ruf Amin dan cawapres 02, Sandiaga Uno.

 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi