Ilustrasi area debat/MI/Ramdani
Ilustrasi area debat/MI/Ramdani

Pertanyaan Debat Cawapres Diundi

Pemilu debat capres cawapres pilpres 2019
Faisal Abdalla • 17 Maret 2019 19:32
Jakarta: Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengundi pertanyaan debat ketiga calon wakil presiden (cawapres) pemilihan umum presiden (pilpres) 2019. Undian ini untuk menentukan giliran menjawab pertanyaan debat.
 
Pantauan Medcom.id di lokasi debat, undian diambil perwakilan tim kampanye masing-masing kandidat. Cawapres 01 Ma'ruf Amin diwakili Direktur Program Tim Kampanye Nasional (TKN) 01, Aria Bima. Sedangkan cawapres 02, Sandiaga Uno, diwakili anggota Badan Pemenangan Nasional (BPN) 02, Candra Tirta Wijaya.
 
Keduanya mengambil undian dalam sebuah wadah berisi bola. Bola berisi angka untuk menentukan tema mana yang akan terlebih dahulu dijawab oleh masing-masing kandidat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Kubu Prabowo Dinilai Hanya Unggul di Daya Gertak
 
Berdasarkan hasil undian, TKN 01 mendapat bola nomor 1 dan 2, sementara BPN 02 mendapat bola nomor 3 dan 4. Bola nomor 1 melambangkan pertanyaan tema kesehatan, dan bola 2 melambangkan tema pendidikan. Sementara bola 3 melambangkan tema ketenagakerjaan dan bola 4 melambangkan tema sosial-budaya.
 
Cawapres 01, Ma'ruf Amin akan terlebih dahulu menjawab pertanyaan terkait isu kesehatan dan pendidikan. Sementara Cawapres 02, Sandiaga Uno akan terlebih dahulu menjawab pertanyaan terkait isu ketenagakerjaan dan sosial-budaya.
 
Setelah itu, masing-masing perwakilan kandidat kembali mengambil undian untuk menentukan pertanyaan dari amplop mana yang akan dijawab oleh kandidat.
 
Hasil undian ini menentukan Cawapres Ma'ruf Amin akan menjawab pertanyaan dari amplop D untuk isu pendidikan dan amplop C untuk pertanyaan isu kesehatan.
 
Sementara cawapres Sandiaga Uno akan menjawab pertanyaan tema ketenagakerjaan dari amplop A dan pertanyaan tema sosial-budaya dari amplop E.
 
Baca: Jelang Debat, Ratusan Ulama se-Indonesia Doakan Ma'ruf
 
Namun, secara umum semua kandidat akan menjawab pertanyaan yang sama. Undian ini hanya menentukan siapa yang giliran menjawab pertanyaan dari tiap-tiap tema.
 
Pertanyaan-pertanyaan debat ketiga disusun oleh sembilan tim panelis. Mereka adalah sembilan panelis yang menyusun daftar pertanyaan debat ketiga. Mereka adalah Profesor Dwia Aries Tina Pulubuhu. Dia merupakan Rektor Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar periode 2018-2022 dan Guru Besar Ilmu Sosiologi Unhas.
 
Setelah itu ada nama Profesor Chairil Effendy MS, yang merupakan Rektor Universitas Tanjungpura (Untan) Pontianak Periode 2007-2011. Dia juga merupakan Guru Besar Sastra Nusantara Untan dan seorang pegiat budaya.
 
Baca: Durasi dan Alur Debat Cawapres
 
Selanjutnya Profesor Samsul Rizal Rektor Unsyiah Periode 2018-2022 dan Rektor UIN Sunan Kalijaga Profesor Yudian Wahyudi.
 
Selain itu, Guru Besar Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sumatera Utara Profesor Subhilhar dan Sastrawan serta budayawan Radhar Panca Dahana.
 
Kemudian Direktur Eksekutif Migrant Care Anis Hidayah; Ketua Majelis Kolegium Kedokteran Indonesia (MKKI periode 2018-2021) yang juga dosen Universitas Airlangga, Profesor David S Perdanakusuma, serta Rektor Universitas Diponegoro periode 2019-2024, Profesor Yos Johan Utama.
 

(OJE)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi