ilustrasi Medcom.id
ilustrasi Medcom.id

54 TPS Lakukan Pemungutan Suara Ulang di NTT

Pemilu pemilu serentak 2019
Palce Amalo • 23 April 2019 10:56
Kupang: Pemungutan suara ulang (PSU) Pemilu 2019 di Nusa Tenggara Timur (NTT) digelar serentak pada 27 April 2019. PSU berlangsung di 54 Tempat Pemunggutan Suara (TPS).
 
"52 TPS yang tersebar di 17 kabupaten dan kota, 34 kecamatan, dan 42 desa juga kelurahan atas rekomendasi Bawaslu. Sedangkan dua TPS lainnya usulan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS)," kata Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) NTT Yemris Fointuna, di Kupang, NTT, Selasa, 23 April 2019. '
 
Yemris menuturkan, pemilih terbanyak yang mengikuti PSU di Timor Tengah Selatan yakni 12 TPS dengan 2.041 pemilih. Kemudian Sumba Timur, 5 TPS sebanyak 1.245 pemilih.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sebanyak 1.236 pemilih di lima TPS di Manggarai. Terakhir, di Sikka sebanyak 855 pemilih dari 5 TPS. Selain itu, pemungutan suara lanjutan (PSL) pun digelar di lima TPS di dua desa di Kecamatan Talibura, Sikka.
 
"Karena saat pemunggutan suara 17 April lalu, dua TPS itu tidak menerima surat suara DPR," terangnya.
 
Baca:25 TPS di NTT Pemungutan Suara Ulang
 
Sebelumnya, Bawaslu merekomendasikan kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk melakukan PSU di 25 TPS. PSU dilakukan karena berbagai persoalan, di antaranya pemilih daerah lain yang mencoblos tanpa membawa formulir A5 atau surat pindah memilih.
 
Selain itu, ada pula anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) bersama saksi parpol dilaporkan mencoblos sekitar 40 suara di TPS V, Desa Compang Kules, Kecamatan Kuwus Barat, Manggarai Barat, pada pemilu 17 April 2019.
 
Yemris mengungkap, surat suara yang dicoblos adalah sisa surat suara yang tidak dicoblos pada pemilu 17 April 2019 karena banyak pemilih yang tidak datang ke TPS.
 
"Kami menerima laporan empat orang yang terlibat dalam pencoblosan surat suara sudah ditahan polisi," tandasnya.
 

(LDS)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif