Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko. Foto: Medcom.id/Ilham Pratama.
Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko. Foto: Medcom.id/Ilham Pratama.

Moeldoko Pastikan Petugas KPPS Ditanggung Negara

Pemilu pemilu serentak 2019
Ilham Pratama Putra • 24 April 2019 14:07
Jakarta: Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko memastikan semua petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) ditanggung negara. Pemerintah akan memberikan santunan kepada mereka yang sakit dan meninggal dunia.
 
"Komisi Pemilihan Umum (KPU) sudah koordinasi dengan Kementerian Keuangan untuk membicarakan aliran santunannya.KPU yang punya alokasi," kata Moeldoko di kantor Kementrian Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Kemenkopolhukam), Jakarta, Rabu 24 April 2019.
 
Selain santunan, petugas KPPS juga mendapat asuransi. Moeldoko mengatakan petugas KPPS telah dilindungi Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) dalam bertugas.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sementara itu, wacana petugas KPPS diberikan gelar pahlawan demokrasi masih dipertimbangkan. Namun sebutan pahlawan demokrasi bagi Moeldoko terlalu berlebihan. "Saya pikir enggak sejauh itu. Itu KPU yang punya otoritas," ujarnya.
 
Berdasarkan data KPU, hingga Selasa 23 April 2019 jumlah petugas KPPS yang meninggal dunia mencapai 119 orang.
 
"Berdasarkan data yang kami himpun hingga pukul 16.30 WIB, petugas kami yang meninggal dunia 119 orang," kata Komisioner KPU, Viryan Azis di Gedung KPU, Jakarta, Selasa, 23 April 2019.
 
Kasus petugas KPPS meninggal dunia dan sakit ini tersebar di 25 Provinsi. Sedangkan petugas KPPS sakit, sebanyak 548 orang.
 

(FZN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif